PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS ADOBE ANIMATE (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Sastra Inggris Universitas Darma Persada)

YOGA PRATAMA, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS ADOBE ANIMATE (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Sastra Inggris Universitas Darma Persada). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perkembangan informasi dan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Kemajuan teknologi saat ini juga memberikan dampak khususnya dalam proses pengembangkan bahan ajar menulis esai dalam Bahasa Inggris. Teknologi terbaru dalam bentuk software aplikasi berbasis android yang bernama Adobe Animate bisa dijadikan salah satu solusi contoh acuan dalam proses pengembangan bahan ajar interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan peran teknologi saat ini sangat penting dalam proses pembelajaran khususnya dalam pengajaran menulis esai. Model ini dapat membantu dosen dalam membuat variasi dalam mengajar. Di masa lalu, pembelajaran menulis esai masih menggunakan metode konvensional seperti buku, modul, dan papan tulis, tetapi seiring dengan kemajuan zaman dosen dan mahasiswa dapat menggunakan teknologi multimedia interaktif seperti, smartphone, laptop dan desktop computer yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, inovatif, kreatif dan interaktif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menganalisis dan menunjukkan teknologi baru sebagai solusi untuk masalah lama dalam mengajar menulis esai. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, tes dan observasi. Untuk mengetahui kelayakan dari model yang akan dikembangkan dilakukan beberapa langkah penilaian yaitu uji pakar/ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas model bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) dibutuhkan model bahan ajar baru yang dapat merangsang dosen dan mahasiswa untuk belajar menulis esai; 2) mengembangkan komponen pembelajaran untuk menghasilkan silabus bahan ajar, RPS dan instrumen penilaian;3) model perencanaan dan desain dikembangkan sesuai dan pendapat ahli; 4) kelayakan model dinyatakan valid oleh pengguna. Kata Kunci: Mengajar, Menulis Esai, Adobe Animate, Teknologi, Multimedia ABSTRACT The development of information and technology has influenced many aspects of life including education. Current technological advances also have a positive impact on education, especially in the process of developing teaching instructional materials on English essays’ writing. Android-based application software called Adobe Animate can be the new solution to develop interactive instructional teaching materials. The purpose of this research is to prove the impact of latest technology in the learning process which is important, especially in teaching essays writing. This model can assist lecturers to make various methods in teaching essays writing. In the past, learning essays writing used old methods such as books, modules, and blackboards, but nowadays in the digital era, lecturer and students can use multimedia technology such as smartphones, laptops and desktop computers which can make learning more effective, innovative, creative and interactive. In this study, researcher uses a research and development (R&D) approach model to analyze and demonstrate Adobe Animate technology as a new solution in teaching academic essay writing. The data were obtained through interviews, questionnaire, test and observation. Feasibility learning model has been done through expert assessment, one to one try-out, small group try-out, and the effectiveness test. The results showed that; 1) new teaching instructional model is needed to stimulate lecturers and students to learn essays writing; 2) developed learning instructional components can produce syllabus, lesson plan and assessment instruments; 3) the model will be developed and declared valid according to the expert judgement; 4) the model's eligibility is declared valid by the user. Keywords: Teaching, Essay, Writing, Adobe, Technology, Multimedia.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Endry Boeriswati, MPd 2). Dr. Fathiaty Murtadho, MPd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 4982 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:15
Last Modified: 08 Nov 2022 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9377

Actions (login required)

View Item View Item