PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MENJAHIT BAGI PESERTA DIDIK AUTIS

BELLA NANDA AZHARI, . (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MENJAHIT BAGI PESERTA DIDIK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit di Sekolah Autis Cipta Anugerah, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara semi terstruktur secara mendalam yang dilakukan secara virtual dengan sumber data kepala sekolah dan guru keterampilan menjahit. Dokumentasi juga digunakan sebagai metode tambahan. Data yang didapat dari kedua metode tersebut dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, asesmen minat dan bakat yang dilakukan adalah asesmen informal dengan memperkenalkan semua bidang keterampilan yang ada di sekolah kepada peserta didik selama satu semester. Pada tahap pelaksanaan, guru mengajarkan materi sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan cara one by one untuk kelas dasar dan demonstrasi untuk kelas lanjut yang bertujuan agar peserta didik menjadi lebih terbimbing dan terarah di dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Terdapat dua kelas yaitu kelas dasar dan kelas lanjut yang dibentuk sesuai dengan kemampuan peserta didik. Pada tahap evaluasi, hasil evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan dengan tugas yang sudah dikerjakan dan hasil sangat tergantung berdasarkan mood peserta didik pada saat itu. Jika mood peserta didik pada saat itu bagus, maka hasilnya pun akan bagus seperti jahitan yang lurus dan rapi, sesuai dengan pola. Diharapkan agar sekolah dapat dapat melakukan asesmen minat dan bakat secara formal agar peserta didik dapat mengetahui secara lebih akurat mengenai minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih terarah dalam masing-masing bidang keterampilan yang ditekuni. Kata kunci : autis, menjahit, pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional. This research aims to obtain information related to the implementation of vocational skills study at the Autis Cipta Anugerah School, East Jakarta. The study used a qualitative approach with descriptive method. Data collection is done using deeply semi-structured interviews that were done virtually with the principal and teachers of sewing skills. Documentation is also used as an additional method. The data obtained from both methods is analyzed through three phases namely reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The results showed that in the planning stage, the assessment of students interest and talent was done informally by introducing all the skills fields in the school to the students for one semester. At the stage of implementation, teachers teach the material according to students ' ability by one by one for basic class and the demonstration for the Advanced class which aims to make the students more guided and directed in the learning process. There are two classes of basic and advanced classes that are formed according to the ability of learners. At the evaluation stage, the evaluation is done by comparing with the tasks that have been done and the results are highly dependent on the student's mood. If student's are in a good mood, then the results would be good like straight and neat stitches, according to the pattern. It is hoped that the school can formally conduct interest and talent assessment so that the students can know more accurately about the interests and talents that the learners have so that the learners become more directed in each of the skill fields being held. Keywords: autistic, sewing, implementation of vocational learning skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, Ed.D. ; 2). Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 5468 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 18:13
Last Modified: 24 Oct 2022 06:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9411

Actions (login required)

View Item View Item