PENGARUH E-WOM DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ARI WIDIANTO, . (2020) PENGARUH E-WOM DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara E-WOM dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Februari sampai Juli 2020 di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sebanyak 126 sampel dengan menggunakan data primer. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan hasil Ŷ = 25,408 + 0,378 X1 + 0,287 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikansi Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,84, dan X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05, maka daoat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai yang signifikan pada linieritas yaitu sebesar 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Berikutnya dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,428 dan ttabel = 1,97944, Y atas X2 thitung = 2,899 dan ttabel = 1,97944. Nilai koefisien korelasi antara variabel E-WOM (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,425 dan gaya hidup (X2) terhadap keputusan pembelian sebesar 0,400. Sehingga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara E-WOM dengan keputusan pembelian, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara E-WOM dan gaya hidup dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,233 yang menunjukan bahwa 23,3% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh E-WOM dan gaya hidup, sementara 76,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Keputusan Pembelian, E-WOM, Gaya Hidup The study aims to determine the correlation between E-WOM and lifestyle with purchase decisions of Shopee in the Faculty Economics, Universitas Negeri Jakarta. This research was conducted for 6 month starting from February to July 2020. The research method used is survey method with the correlation approach, the population used are all student in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The sampling technique used is purposive sampling as many as 126 people. Resulting a regression equation by Ŷ = 25,408 + 0,378 X1 + 0,287 X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,200, X1 equal to 0,84 and X2 equal to 0,200. . Because the significance level is > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Testing linearity of regression Y on X1 an Y on X2 yields a significance value on linearity, that is 0,000 < 0,050, so it’s concluded that it has a linear relationship. Then performed the test of significance correlation coefficient using t test and resulting that Y on X1 tcount = 3,428 and ttable = 1,97944, Y on X2 tcount = 2,899 and ttable = 1,97944. The value correlation coefficient between variable of price (X1) to the purchase decision (Y) equal to 0,425, lifestyle (X2) to purchase decision (Y) equal to 0,400. So there is a positive and significant relationship between E-WOM and purchase decisions, as well as a lifestyle and purchase decision is. Thus, it can conclude a positive and significant relation between E-WOM and lifestyle with purchase decisions. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0,233 indicating that 23,3% variable purchase decision is determined by E-WOM and lifestyle. Meanwhile the remaining 76,7% is influenced by other factors. Keyword: Purchase Decision, E-WOM, Lifestyle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si 2). Ryna Parlyna, MBA
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 5103 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 15:42
Last Modified: 04 Sep 2020 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item