PENGARUH PENGGUNAAN CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta)

APRILIA MURDIA NINGSIH, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (488kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan cinematherapy terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 59 Jakarta pada bulan Juli sampai dengan September 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Instrumen motivasi memiliki 63 item butir pernyataan yang valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.940. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Mann Whitney U Test, diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0.012 yang berarti nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terjadi peningkatan motivasi yang signifikan setelah diberikan cinematherapy. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, cinematherapy berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi siswa yang memiliki motivasi diri rendah. Cinematherapy dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai salah satu alternatif penanganan untuk menangani siswa yang mengalami masalah rendahnya motivasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi ; 2). Dra. Endang Setiyowati,
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 10:37
Last Modified: 31 Oct 2019 10:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item