RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DALAM MATA PELAJARAN SENI MUSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

GRACE HASIANTI, . (2020) RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DALAM MATA PELAJARAN SENI MUSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam mata pelajaran seni musik pada peserta didik kelas IV SD. Waktu penelitian telah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2020 secara daring. Objek pada penelitian ini adalah Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat sedemikian rupa oleh peneliti. Dalam RPP terdapat pembelajaran pianika sebagai pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan RPP tersebut, peneliti berharap dapat membantu pemahaman peserta didik kelas IV SD terhadap mata pelajaran seni musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaa atau library research. Sumber data yang digunakan dalam metode penelitian, yaitu sumber data sekunder eskternal berupa buku tematik siswa, buku tematik guru, dan informasi dari internet. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari beberapa literatur baik sumber cetak maupun sumber internet, sedangkan instrumen penelitian ini adalah bahan dan format penelitian. Selanjutnya, teknis analisis data penelitian dilakukan dengan menganalisis isi sesuai konteks penelitian. Hasil Penelitian ini adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan pembelajaran pianika. RPP yang dibuat menyesuaikan Silabus Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV Kurikulum 2013 khususnya materi seni musik. Hanya ada satu RPP yang dimana terdapat enam kali pertemuan dan setiap pertemuan terdapat langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang wajib dilakukan oleh pendidik, yaitu Kegiatan Pembuka (Apersepsi), Kegiatan Inti (Materi dan Demonstrasi dengan pianika), dan Kegiatan Penutup (Kesimpulan dan Evaluasi). Kata kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pianika, mata pelajaran, seni musik ********* The purpose of this research is to know how Learning Implementation Plan draft in music course for grade IV. The time for this research has been done in March until June 2020 via online. The object for this research is Laerning Implementation Plan that has been made in such a way by the researcher. In Learning Implementation Plan there are pianika lesson as the proponent for achieve learning objectives. With the learning implementation plan, the researchers hope to be able help students in grade IV towards music course. The research method used in this research is qualitative with a library research approach. Source of data used in the research method that is external secondary data sources in the form of student thematic books, teacher thematic books, and information from the internet. Data collection is done by searching the literature both print sources and internet sources, meanwhile the instrument for this study is materials and research formats. Furthermore, technical analysis of research data is done by analyzing the contents according to the research context. The result of this research is Learning Implementation Plan by using pianika learning. Learning implementation plan that has been made is calibrate with Culture and Arts Syllabus grade IV of 2013 Curriculum especially music art materia. There is only one learning implementation plan where there are six meetings and in each meeting there are steps of learning activities that must be done by eductor, namely Opening Activities (Apperseption), Main Activities (Theory and Demonstration with pianika) and Closing Activities (Conclusion and Evaluation). Keywords : Learning Implementation Plan, pianika, course, music

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Clemy Ikasari Ichwan, M.Pd. ; 2). Dra. Lucy Martiati Nasution, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 4431 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 16:35
Last Modified: 04 Sep 2020 16:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item