PERAN GURU PAI SEBAGAI PEMBINA ROHIS DALAM MENANGKAL BIBIT RADIKALISME DI SMKN 4 JAKARTA

QOTHRUN NADA, . (2020) PERAN GURU PAI SEBAGAI PEMBINA ROHIS DALAM MENANGKAL BIBIT RADIKALISME DI SMKN 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana guru PAI sebagai pembina Rohis berperan dalam menangkal bibit radikalisme di SMKN 4 Jakarta karena adanya anggota yang cenderung mengarah ke pemikiran radikal. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti mengumpulkan sumber data serinci mungkin sesuai kejadian di lapangan dan menjabarkannya dalam bentuk deskripsi. Guru PAI sebagai pendidik profesional memiliki berbagai peran seperti yang mendidik, mengajar, melatih, mengarahkan, membimbing, menilai dan evaluator. Penelitian ini, Peneliti akan menganalisis peran guru sebagai pembina rohis dalam menangkal bibit radikalisme di SMKN 4 Jakarta. Radikalisme merupakan suatu kelompok yang cara beragamnya dalam mempraktekan terdapat pada orang-orang yang berperilaku ekstrim, sehingga melebihi kewajaran dalam beragama yang semestinya. Hasil penelitian menunjukan jika guru PAI selaku pembina Rohis telah melakukan berbagai upaya dalam menangkal bibit radikalisme diantaranya yaitu melakukan pembinaan, yaitu pertama Melakukan pendekatan guru PAI dalam menangkal bibit Radikalisme pada Rohis. Kedua, Membuat Program yaitu Program Kebangsaan. Ketiga, Melakukan pencegahan penyebaran bibit radikalisme seperti Menseleksi Narasumber dari Luar dan Melakukan pemantauan terhadap kegiatan dan mentoring. Keempat, Koordinasi Guru PAI dalam Lingkup MGMP. Dari berbagai upaya tersebut banyak anggota Rohis yang menerima hal yang dilakukan oleh guru PAI yaitu salah satunya pendekatan dan program Kebangsaan yang membuat anggota Rohis termotivasi dalam menghindari pemikiran radikalisme. This study aims to describe the extent to which PAI teachers as Rohis coaches play a role in warding off the seeds of radicalism at SMKN 4 Jakarta because there are members who tend to lead to radical thinking. The method used is a qualitative descriptive method in which the researcher collects data sources as detailed as possible according to the events in the field and describes them in the form of descriptions. PAI teachers as professional educators have various roles such as educating, teaching, training, directing, guiding, assessing and evaluating. This study, the researcher will analyze the role of teachers as spiritual coaches in counteracting the seeds of radicalism in SMKN 4 Jakarta. Radicalism is a group whose various ways of practicing are found in people who behave in an extreme manner, so that it exceeds the properness in religion. The results showed that the PAI teacher as Rohis coaches had made various efforts to counteract the seeds of radicalism, including conducting coaching, namely, first, approaching the PAI teacher in counteracting the seeds of Radicalism in Rohis. Second, Creating a Program, namely the National Program. Third, prevent the spread of the seeds of radicalism, such as selecting external sources and monitoring activities and mentoring. Fourth, PAI Teacher Coordination in the scope of the MGMP. From these various efforts, many Rohis members accepted what PAI teachers did, namely the Nationalism approach and program that motivated Rohis members to avoid radicalism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mushlihin Amali, S. Pd. I., MA ; 2). Ahmad Hakam, S.S., MA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 4786 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 12:34
Last Modified: 02 Sep 2020 12:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item