RELASI SOSIAL PEMILIK DAN KARYAWAN KONFEKSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP

SUBUR AHMAD SUPANGAT, . (2020) RELASI SOSIAL PEMILIK DAN KARYAWAN KONFEKSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi sosial pemilik dan karyawan konfeksi dalam meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah enam orang informan yang terdiri dari dua pemilik industri konfeksi dan empat karyawan industri konfeksi. Triangulasi data pada penelitian ini adalah Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Kasatlak PTSP) Kelurahan Kalibata Jakarta Selatan, ketua RT 09 dan ketua RW 05. Lokasi penelitian ini berada di RT 09 RW 05 kelurahan Kalibata kecamatan Pancoran Jakarta Selatan. Dalam proses penelitian ini, peneliti menggunakan teori sosiologi yaitu teori Patron Klien yang dikemukakan oleh James Scott. Berdasarkan temuan di lapangan, industri konfeksi yang berada di RT 09 RW 05 kelurahan Kalibata kecamatan Pancoran Jakarta Selatan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi sosial antara pemilik dan karyawan konfeksi di RT 09 RW 05 mencerminkan hubungan patron klien antara pemilik dan karyawan konfeksi. Hal ini dikarenakan pemilik konfeksi memberikan pekerjaan kepada karyawan dan karyawan menawarkan keahliannya kepada pemilik konfeksi untuk menciptakan pakaian yang berkualitas. Hubungan patron klien tersebut memberikan kemudahan kepada pemilik dan karyawan konfeksi dalam bekerja untuk mendapatkan tenaga kerja, pinjaman dan pekerjaan. Selain itu dengan adanya hubungan patron klien antara pemilik dan karyawan konfeksi dapat meningkatkan kualitas hidup. Social Relations Owner and Employee The Confection In Improving The Quality of Life (Case Study: Industrial Confection RT 09 RW 05 Village of Kalibata Subdistrict Pancoran Jakarta Selatan). Sociology Study Program. Faculty of Social Sciences. State University of Jakarta. 2020. This research aims to determine the social relation owners and employees the confection in improving the quality of life. The study used a qualitative approach with case study methods. The research subject is a six-person informant consisting of two confection industry owners and four employees of the confection industry. Triangulation data in this research is head of integrated one Door Service Executive unit (Kasatlak PTSP) Kelurahan Kalibata South Jakarta, chairman of RT 09 and chairman of RW 05. The location this research is in RT 09 RW 05 Village Kalibata Subdistrict Pancoran South Jakarta. In the process of this research, researchers used the theory of Patron Client, which was proposed by James Scott. Based on the findings in the field, the confection industry located in RT 09 RW 05 Kelurahan Kalibata subdistrict Pancoran Jakarta Selatan has an important role in improving the quality of life. The results showed that the social relation between the owner and employees of the confection in RT 09 RW 05 reflects the patron's relationship between the owner and employees of the confection. This is because confection owners give jobs to employees and employees offer their skills to the owner of the confection to create quality clothes. The patron relationship of the client provides convenience to the owner and employees of the confection in working to get labor, loans and jobs. In addition to the presence of patron client relationship between the owner and the confection employees can improve the quality of life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Evy Clara, M.Si. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami S.Kpm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 5750 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 12:27
Last Modified: 02 Sep 2020 12:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9564

Actions (login required)

View Item View Item