PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PERSEPSI KEINGINAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

YULIA DAMAYANTI, . (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PERSEPSI KEINGINAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Kewirausahaan dan Persepsi Keinginan terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa FE UNJ.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Persepsi Keinginan terhadap Intensi Berwirausaha pada mahasiswi FE UNJ. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive Sampling sebanyak 150 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 4,745 + 0,675 X1 + 0,140 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,060, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,072 karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang linier. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 11.924 dan ttabel = 1.655 dan Y atas X2 thitung = 2.837 dan ttabel =1.655. Nilai koefisien korelasi antara variabel pendidikan kewirausahaan (X1) terhadap intensi berwirausaha (Y) sebesar 0,790 dan nilai koefisien korelasi antara variabel persepsi keinginan (X2) terhadap intensi berwirausaha (Y) sebesar 0,546. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha,pengaruh positif dan signifikan antara persepsi keinginan terhadap intensi berwirausaha. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan persepsi keinginan terhadap intensi berwirausaha. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,624 yang menunjukkan bahwa 62,4% variabel intensi berwirausaha ditentukan oleh pendidikan kewirausahaan. Sementara itu, sisanya 37,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan koefisien determinasi Y atas X2 diperoleh sebesar 0,298 yang menunjukkan bahwa 29,8% variabel intensi berwirausaha ditentukan oleh persepsi keinginan. Sementara itu, sisanya 70,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Intensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi Keinginan Entrepreneurship Education and Perceived Desirability for Entrepreneurial Intentions at FE UNJ Students. The purpose of this study was to determine the effect of Entrepreneurship Education and Perceived Desirability on Entrepreneurial Intention on FE UNJ students. This research was conducted at the Faculty of Economics, Jakarta State University, for 6 months from January to June 2020. The research method that the researchers used was a survey method with a correlational approach, the population used was all female students of the Faculty of Economics, Jakarta State University. The sampling technique used was Purposive Sampling technique of 150 people. The resulting regression equation is Y = 4.745 + 0.675 X1 + 0.140 X2. Test requirements analysis is the normality test with the Kolmogorov-Smimov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significant level of Y value of 0.060, X1 value of 0.200, X2 value of 0.072 because of the third significance level these variables> 0.05, it can be concluded that the data are normally distributed and can be used in further analysis. Linearity regression test of Y for X1 and Y for X2 produces a significance value in Linearity, which is 0,000 <0.05, so it can be concluded that it has a linear effect. Next, a t test was carried out and yielded Y over X1 count = 11,924 and t table = 1,655 and Y over X2 count = 2,837 and t table = 1,655. The value of the correlation coefficient between the variables of entrepreneurship education (X1) against entrepreneurial intentions (Y) of 0.790 and the value of the correlation coefficient between the variable perception of desire (X2) to entrepreneurial intentions (Y) of 0.546. So, there is a positive and significant effect between entrepreneurship education on entrepreneurial intentions, a positive and significant influence between the perception of desire for entrepreneurial intentions. Thus, it can be concluded that there is a positive and significant influence between entrepreneurship education and the perception of desire for entrepreneurial intentions. The coefficient of determination of Y over X1 was obtained at 0.624, indicating that 62.4% of the entrepreneurial intention variables were determined by entrepreneurship education. Meanwhile, the remaining 37.6% is influenced by other factors. And the coefficient of determination of Y over X2 obtained by 0.298 which shows that 29.8% of the entrepreneurial intention variable is determined by the perception of desire. Meanwhile, the remaining 70.2% is influenced by other factors. Keywords: Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Perceived Desirability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Yohana, MM 2). Terrylina Arvinta Monoarva, SE.,MM
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4670 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:01
Last Modified: 07 Sep 2020 11:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item