PENGARUH SOSIALISASI KELUARGA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 19 BEKASI

INTAN AINUN BESTARI, . (2020) PENGARUH SOSIALISASI KELUARGA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 19 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku yang kini tengah marak terjadi di kalangan remaja, khususnya pada remaja usia sekolah menengah. Keluarga sebagai agen sosialisasi primer, khususnya orangtua, tentu memiliki peran penting dalam membentuk perilaku anak-anaknya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sosialisasi yang dilakukan keluarga berpengaruh terhadap perilaku bullying yang dilakukan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, seluruh respondennya adalah siswa kelas 8 SMP dengan jumlah 79 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket/kuesioner. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan kerangka konsep yang digunakan, penelitian ini memiliki hipotesis bahwa H1: Ada pengaruh dari sosialisasi keluarga terhadap perilaku bullying siswa di SMP Negeri 19 Bekasi, dan H0: Tidak ada pengaruh sosialisasi keluarga terhadap perilaku bullying siswa di SMP Negeri 19 Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari sosialisasi keluarga terhadap perilaku bullying siswa yang berada pada kategori rendah, dengan nilai Pseudo R square sebesar 0,143, yang artinya bahwa sosialisasi keluarga hanya memiliki pengaruh sebesar 14,3% terhadap perilaku bullying, sedangkan sebesar 85,7% lainnya, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar sosialisasi keluarga. Hasil ini dapat memperjelas bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh sosialisasi keluarga terhadap perilaku bullying siswa. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa para siswa/i yang mendapatkan sosialisasi keluarga yang baik dengan intensitas waktu yang berulang atau dalam tingkat tinggi, mereka cenderung tidak melakukan perilaku bullying, meskipun terdapat beberapa ketidaksesuaian yang disebabkan oleh faktor-faktor lain. Bullying behavior is a behavior that is currently rife among teenagers, especially in middle school adolescents. Families as primary socialization agents, especially parents, certainly have an important role in shaping their children's behavior. Therefore, this study aims to determine whether the socialization carried out by the family affects the bullying behavior of the students. This research uses quantitative methods with survey techniques. The sampling technique used was simple random sampling, all respondents were 8th grade students with 79 respondent. Data was collected using a questionnaire. Data processing and analysis techniques using the SPSS 16 program. Based on the conceptual framework used, this study has a hypothesis that H1: There is an effect of family socialization on student bullying behavior at SMP Negeri 19 Bekasi, and H0: There is no effect of family socialization on student bullying behavior at SMP Negeri 19 Bekasi. The results of this study indicate that there is an effect of family socialization on the bullying behavior of students who are in the low category, with a Pseudo R square value of 0.143, which means that family socialization only has an effect of 14.3% on bullying behavior, while at other 85.7%, influenced by other factors outside of family socialization. These results can clarify that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an effect of family socialization on student bullying behavior. So, this study can be concluded that students who get good family socialization with repeated time intensity or at a high level, they tend not to engage in bullying behavior, even though there are some discrepancies caused by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Umar Baihaqki, M.Si ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.Kpm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 5734 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 12:55
Last Modified: 02 Sep 2020 12:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item View Item