HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SEKOLAH, EFIKASI DIRI AKADEMIK, DAN KELELAHAN AKADEMIK PADA SISWA SMK PGRI KARISMA BANGSA

INDAH RAHAYU, . (2020) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SEKOLAH, EFIKASI DIRI AKADEMIK, DAN KELELAHAN AKADEMIK PADA SISWA SMK PGRI KARISMA BANGSA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Keterlibatan Sekolah, Efikasi Diri Akademik dan Kelelahan Akademik pada Siswa SMK PGRI Karisma Bangsa. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 6 bulan terhitung dari bulan Maret 2020 sampai dengan Juli 2020. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 324 siswa dengan sampel sebanyak 167 siswa. Sampel tersebut mengacu pada tabel Isaac dan Michael dengan teknik pemilihan responden menggunakan propotional stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan skala likert. Variabel Kelelahan Akademik (Y), Keterlibatan Sekolah (X1), dan Efikasi Diri Akademik (X2) merupakan data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas untuk Keterlibatan Sekolah 0,200; Efikasi Diri Akademik 0,200; dan Kelelahan Akademik 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity Keterlibatan Sekolah 0,462 dan Efikasi Diri Akademik 0,730. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance 0,859 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,164 < 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk Keterlibatan Sekolah sebesar 0,849 > 0,05 dan Efikasi Diri Akademik sebesar 0,914 > 0,05. Ketiga uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 74, 901 – 0,383X1 – 0,390X2. Keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Hasil uji F dalam tabel ANOVA yaitu F-hitung 278,495 > F-tabel 3,05. Hal ini berarti terdapat hubungan secara bersama-sama antara Keterlibatan Sekolah, Efikasi Diri Akademik, dan Kelelahan Akademik. Hasil uji t untuk Keterlibatan Sekolah adalah -t hitung -15,594 < -t tabel -1,97453 dan untuk Efikasi Diri Akademik -t hitung -10,577 < -t tabel -1,97453. Hal tersebut berarti terdapat hubungan negatif antara Keterlibatan Sekolah dan Kelelahan Akademik, serta hubungan negatif antara Efikasi Diri Akademik dan Kelelahan Akademik. Kelima analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,773 yang bermakna 77,3% variabilitas variabel Kelelahan Akademik dapat dijelaskan oleh Keterlibatan Sekolah dan Efikasi Diri Akademik sedangkan sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. The study aims to determine whether there is a relationship between School Engagement, Academic Self-Efficacy, and Academic Burnout of Student at SMK PGRI Karisma Bangsa. This research took 6 months strat from March 2020 until July 2020. This research was conducted by using survey methode. The affordable population in this study amounted to 324 students with a sample of 167 students. The sample refers to the Isaac and Michael tables with respondent selection techniques using proportional stratified random sampling. Data is collected using a questionnaire method with a Likert scale. Variables Academic Burnout (Y), School Engagement (X1) and Academic Self-Efficacy (X2) are the primary data obtained from the result of the distribution of research questionnaires. The data analysis technique used is first, the analysis requirements test consisting of normality and linearity tests. Normality test result for School Engagement 0,200; Academic Self-Efficacy 0,200; and Academic Burnout 0,200. The result of linearity test Deviation of Linearity of School Engagement 0,462 and Academic Self-Efficacy 0,730. Second, Classic assumption tests consist of multicollinearity and heteroscedasticity test. The result of multicollinearity test for Tolerance value of 0,859 > 0,1 and VIF value of 1,164 < 10. The Result of heteroscedasticity test for Scholl Engagement were 0,849 > 0,05 and Academic Self-Efficacy was 0,914 > 0,05. Third, multiple regression test with the results of equation Ŷ = 74, 901 – 0,383X1 – 0,390X2. Fourth hypothesis tests consisted of F test and t test. F test result in the ANOVA table are F-count 278,495 > F-table 3,05. This means that there is a simultaneous relationship between School Engagement, Academic Self-Efficacy and Academic Burnout. t test result for School Engagement are -t count -15,594 < -t table -1,97453 and for Academic Self-Efficacy -t count -10,577 < -t table -1,97453. This means that there is a negative relationship between School Engagement and Academic Burnout, and a negative relationship between Academic Self-Efficacy and Academic Burnout. Fifth, analysis of the coefficient determination (R2) with result 0,773 which means 77.3% variability of the Academic Burnout can be explained by School Engagement and Academic Self-Efficacy while the remaining 22,7% is influenced by other variables not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd. ; 2). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5529 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:35
Last Modified: 07 Sep 2020 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9644

Actions (login required)

View Item View Item