AKNES PAMILIANA MELANI, . (2020) MAKNA KONTEKSTUAL SCHLAGZEILE DALAM IKLAN PRODUK PERAWATAN KULIT DAN KOSMETIK NIVEA (Penelitian Studi Pustaka Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (757kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aknes Pamiliana Melani.2020. Makna Kontekstual Schlagzeile dalam Iklan Produk Perawatan Kulit dan Kosmetik Nivea. Skripsi, Program Studi Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna kontekstual Schlagzeile dalam 9 buah iklan produk perawatan kulit dan kosmetik dalam laman Nivea edisi tahun 2016-2019. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah makna kontekstual apakah yang terdapat pada Schlagzeile dalam sembilan iklan produk perawatan kulit dan kosmetik Nivea. Makna kontekstual dapat ditemukan berdasarkan konteksnya yang berupa unsur-unsur iklan seperti Fließtext, Schlüsselbild, Focus Visual, dan Blickfänger.Unsur-unsur iklan yang merupakan konteks dari makna Schlagzeile, dianalisis melalui kajian linguistik semiotika. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna kontekstual pada Schlagzeile, dapat diketahui dengan jelas apabila dihubungkan dengan beberapa unsur iklan, seperti Fließtext, Schlüsselbild, Focus Visual, dan Blickfänger. Selain itu Schlagzeile yang terdapat pada iklan juga perlu dihubungkan dengan keterkaitan antara suatu unsur iklan dengan unsur lainnya. Makna kontekstual yang ditemukan pada sembilan data penelitian mengacu kepada konteksnya yang terdiri dari beberapa unsur iklan. Sehingga makna kontekstual yang ada tidak dapat diketahui dengan jelas, apabila hanya dihubungkan dengan satu unsur iklan saja. Selain itu tidak terdapat tahapan yang pasti untuk menentukan unsur mana yang perlu dihubungkan terlebih dahulu. Tahapan yang tidak pasti disebabkan keberadaan serta jumlah unsur-unsur iklan lainnya sebagai konteks, tidak selalu sama dalam setiap iklan. Seperti unsur iklan Focus Visual yang hanya dapat ditemukan pada beberapa iklan saja. Kata Kunci: Schlagzeile, makna kontekstual, iklan, unsur-unsur iklan. Aknes Pamiliana Melani. 2020. The Contextual Meaning of Schlagzeile in the Advertisement of Nivea Skin Care and Cosmetics Products. Thesis, German Language Study Program, Faculty of Language and Arts, The State University of Jakarta. This study aims to analyze the contextual meaning of Schlagzeile from 9 advertisements of skin care and cosmetic products on 2016-2019 edition from Nivea website. The method that used is qualitative method with literature study techniques. The issues in this research are searching the contextual meaning which contain the Schlagzeile from the nine advertisements of skin care and cosmetics products by Nivea. The contextual meaning can be found based on the context by the form of the advertising elements such as Fließtext, Schlüsselbild, Focus Visual, and Blickfänger. The elements of advertising which are the context meaning of Schlagzeile are analyzed through semiotic linguistic studies. The method that used is descriptive analytical. The results show that the contextual meaning of Schlagzeile can be clearly identified when it is connected with several advertising elements, such as Fließtext, Schlüsselbild, Focus Visual, and Blickfänger. In addition, the Schlagzeile contained in advertisements also need to be related to the relationship between an element of advertising with other elements. The contextual meaning from the nine researchs data is refers to that context itself which consists of several advertising elements. So the existing contextual meaning cannot be clearly known, if it is connected with only one advertising element. Eventually, there are no certain stages to determine which elements need to be linked first. The uncertain stages due to the presence and number of other advertise elements as context, not always same in each advertisements like the Focus Visual element which can only be found in a few advertisements. Keywords: Schlagzeile, contextual meaning, advertising, advertising elements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Erna Triswantini, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 4627 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 11:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 11:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9657 |
Actions (login required)
View Item |