PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING ANDROID DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR BERMUATAN PENDIDIKAN EKOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL

SARAH ALFIATUNISA, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING ANDROID DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR BERMUATAN PENDIDIKAN EKOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL. Sarjana thesis, UNIVERITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning android dalam pembelajaran teks prosedur bermuatan pendidikan ekologi dan kearifan lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas beberapa tahap pengembangan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap analisis yang dilakukan, yaitu analisis masalah, analisis kebutuhan siswa, dan analisis kurikulum, serta materi teks prosedur. Pada tahap perancangan dilakukan pemetaan terhadap data, navigasi, antarmuka pengguna, dan algoritma. Pada tahap pengembangan dilakukan penyusunan aplikasi dan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 3 Cileungsi dengan subjek penelitian kelas VII. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Produk media pembelajaran berbasis mobile learning android untuk pembelajaran teks prosedur bermuatan pendidikan ekologi dan kearifan lokal. (2) Total keseluruhan aspek penilaian kelayakan oleh ahli materi dinyatakan “sangat layak” dengan persentase 90%. Total keseluruhan aspek penilaian kelayakan oleh ahli media dinyatakan “sangat layak” dengan persentase 88,2%. Total keseluruhan aspek penilaian oleh guru dinyatakan “sangat layak” dengan persentase 94,16%. Total keseluruhan aspek penilaian oleh siswa dinyatakan “sangat layak” dengan persentase 85,19%. Setelah uji coba dilakukan, tahap selanjutnya yaitu evaluasi terhadap aplikasi yang telah dikembangkan berdasarkan respons guru dan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif. ********************** This research aims to develop learning media products on Android-based mobile learning for procedure text containing ecological education and local wisdom based learning. The research method adopted in this research is Research and Development (R&D).The development model used in this research is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The product feasibility testing phase is carried out by material expert and media expert.Implementationof product were conducted at SMP Negeri 3 Cileungsi with research subjects class VII. Data analysis techniques used in this research isquestionnaire instruments and descriptive analysis techniques.The results of this research are: (1) Learning media products based on Android mobile learning for procedure text containing ecological education and local wisdom based learning. (2) The result shows that the overall aspects percentage of material expert validation is 90%with “very feasible”criteria. The overall aspects percentage of media expert validation is 88,2%with “very feasible”criteria. The overall aspects percentage of teacher validation is 94,16%with “very feasible”criteria. The percentage of studentsassessment throgh large group test for all aspect is 85,19%with “very feasible”criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nur Eriyani, M.Pd. ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil(Ling.).
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4820 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2020 21:02
Last Modified: 14 Sep 2020 21:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item