PENGARUH HARGA DAN PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA DOMISILI DI JABODETABEK

AISYAH VIANYTA, . (2020) PENGARUH HARGA DAN PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA DOMISILI DI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara harga dan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan marketplace shopee pada mahasiswa yang berddomisili di wilayah Jabodetabek. Penelitian dilakukan secara daring melalui survei dengan Google Form yang disebar kepada mahasiswa di Jabodetabek yang merupakan pelanggan belanja online di shopee. Penelitian ini berlangsung mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan Juli 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method dengan melibatkan 150 responden. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 10,323 + 0,156 X1 + 0,208 X2. Uji Kolmogorov – Smirnov (goodness of fit) untuk menguji normalitas galat taksiran regresi dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y sebesar 0,061, X1 sebesar 0,057 dan X2 sebesar 0,200. Ketiga variabel tersebut memiliki tingkat signifikansi > 0,05. Jadi, dapat disimpulkan kepuasan pelanggan (Y), harga (X1), dan pengiriman (X2) berdistribusi normal sehingga dapat melakukan analisis selanjutnya. Ketiga variabel tersebut memiliki tingkat signifikansi > 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa variabel Y, X1, dan X2 berdistribusi normal sehingga dapat melakukan analisis selanjutnya. Pada uji linieritas, regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Lalu, pada uji t dengan ttabel = 1,97623 menghasilkan Y atas X1 sebesar 2,025 > 1,97623 dan Y atas X2 sebesar 3,904 > 1,97623. Nilai Pearson Correlation X1 terhadap Y sebesar 0,212 dan X2 terhadap Y sebesar 0,332. Maka, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) dan pengiriman (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Koefisien determinasi Y atas X1 sebesar 4,5% dan sisanya 95,5% dipengaruhi faktor lain. Kemudian, koefisien determinasi Y atas X2 sebesar 11,1% dan sisanya 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain. The purpose of this study is to determine the correlation between price and delivery with customer satisfaction at domicile students in Jabodetabek. This research is started for 5 months starting from February to July 2020. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are all student in Jabodetabek. The sampling technique used technique of purposive sampling as many as 150 people. The resulting regression equation is Y = 10,323 + 0,156 X1 + 0,208 X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,061, X1 equal to 0,057, and X2 equal to 0,200. Because the significance level is > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Testing linearity of regression Y on X1, Y on X2 and Y on X3 yields a significance value on Linearity, that is 0,000 < 0.05, so it is concluded that it has a linear relationship. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting Y on X1 is 2,025 > 1,97623 and Y on X2 is 3,904 > 1,97623. The value of correlation coefficient between variable of price variable (X1) to the purchase decision (Y) equal to 0.212, and delivery (X2) to the customer satisfaction (Y) equal to 0.332. So, there is a positive and significant relationship between price and customer satisfaction, as well as a positive and significant relationship between delivery and customer satisfaction Thus, it can conclude a positive and significant relationship between price and delivery with customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Corry Yohana M.M. 2) Rahmi, S.E., M.S.M
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4651 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 12:07
Last Modified: 07 Sep 2020 12:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item