PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE DAN MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 JAKARTA

ANASTASIA IRAWATI PURNAMASARI, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE DAN MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran Picture Mapping terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian model one group pretest-posttest design dan memiliki sampel 20 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas (lillefors), diperoleh Lo= 0,080< Ltabel = 0,190 pada pretest dan Lo=0,078< Ltabel = 0,190 dengan taraf signifikasi α=0,05 pada posttest maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung = 1,84 dan Ftabel = sebesar 4,38, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0,05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung=19,56 > ttabel=2,10 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0,05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Picture Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat delapan aspek penilaian. Berdasarkan hasil di atas, metode pembelajaran Picture Mapping dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran teks eksplanasi. Selain itu, metode ini juga dapat diimplementasikan ke dalam materi pembelajaran teks berita pada kompetensi dasar 4.2. Guru Bahasa dan Sastra Indonesia lebih kreatif dalam menggunakan metode dalam pengajaran dan mengembangkan materi pelajaran serta peneliti lain dapat menerapkannya ke dalam teks yang berbeda dan disesuaikan dengan karakteristik tersebut. Kata Kunci : metode pembelajaran, Picture Mapping, teks eksplanasi, one group pretest-posttest design, diimplementasikan, kreatif, pengajaran. This research was made to know whether or not the effect of Picture Mapping's learning methods of writing an explassional text student of the 28th State Junior high. This research uses methods of experimentation with model research designs is one group pretest-posttest design and had a sample of 20 students. Prerequisite test data analysis is done by normality test (lillefors), obtained Lo = 0,080 <Ltable = 0,190 on pre-test and Lo = 0,078 <Ltable = 0,190 on pos-test with significance level α = 0.05, then the data is declared normally distributed. Homogeneity test results (Fisher Test) obtained Fcount = 1,84 and Ftable = 4,38, obtained that Fcount <Ftable, then the data has a homogeneous variance with significance level α = 0.05. The results of data analysis by t-test obtained tcount = 19,56 > ttable = 2,10 results of interpolation with significance level α = 0,05. It can be stated that Ho was rejected and H1 was accepted. This research results indicate that the use of the method of studying Picture Mapping learning methods of writing the ability to write a classroom of VIII students of 28 Jakarta junior high. At the rate of judgment there are eight aspects of judgment. Based on top of the upper-learning method of Picture Mapping can be made a good method for learning explanation text. It can also be implemented for news text learning on basic competencies 4.2. Indonesian Language and Literature teachers are more creative in using methods in teaching and developing subject matter and other researchers can apply them to different texts and adapt them to these characteristics. Keywords : the learning method, Picture Mapping, explanation text, one group pretest-posttest design, implemented, creative, teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. ; 2) Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4719 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 12:21
Last Modified: 07 Sep 2020 12:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item View Item