PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR MENGAJI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK DENGAN HAMBATAN CEREBRAL PALSY

LAILIAH, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR MENGAJI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK DENGAN HAMBATAN CEREBRAL PALSY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak. Huruf hijaiyah merupakan pondasi dasar dalam belajar Al-Qur’an. Bukan hanya di majelis ta’lim/TPA saja anak dapat mempelajari Al-Qur’an, namun di sekolah juga anak akan mempelajari materi seputar Al-Qur’an termasuk di sekolah segregasi. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Butarji dapat membantu peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah secara spesifik pada anak dengan hambatan cerebral palsy di SLB D-D1 YPAC Jakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis – Design – Development – Implementation – Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli cerebral palsy menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa media Butarji termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli media berdasarkan perolehan skor 81%, sedangkan menurut ahli materi dan ahli cerebral palsy media Butarji termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor masing-masing 77% dan 74%. Adapun penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu media belum diujicobakan baik skala besar maupun skala kecil di lapangan dikarenakan sedang terjadi pandemi covid-19 yang berlangsung di Indonesia sejak pertengahan bulan Maret tahun 2020. Kata kunci: Huruf hijaiyah, cerebral palsy, pengembangan media. ** Abstract. Hijaiyah letters are the basic foundation in learning the Qur'an. Not only in majelis ta'lim / TPA, children can learn the Qur'an, but in schools also children will learn material about the Qur'an, including in segregation schools. In line with this, this research aims to find out how Butarji media development can help students in recognizing hijaiyah letters specifically in children with cerebral palsy in SLB D-D1 YPAC Jakarta. This research is a kind of development research with ADDIE model (Analysis - Design - Development - Implementation - Evaluation). The developed media was validated by three experts namely media experts, material experts, and cerebral palsy experts using open and closed questionnaires. The results of the validation of the experts show that the Butarji media are included in the excellent category according to media experts based on the acquisition of a score of 81%, while according to material experts and cerebral palsy experts the Butarji media is included in both categories with a score of 77% and 74% respectively. This research has limitations, namely the media has not been tested on a large or small scale in the field due to the Covid-19 pandemic that has been taking place in Indonesia since mid-March 2020. Keywords: Hijaiyah letters, cerebral palsy, media development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ishak G. Bachtiar, M. Pd 2) Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Lailiah .
Date Deposited: 07 Sep 2020 14:30
Last Modified: 07 Sep 2020 14:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item