Syahrul Ramadhan, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TENTANG KARAKTERISTIK WILAYAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (742kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap pengetahuan peserta didik tentang karakteristik wilayah di MAN 5 Jakarta. Penelitian ini merupakan studi eksperimen pada kelas XI-IPS. Dengan peserta didik berjumlah yaitu kelas XI-IPS1 dengan total jumlah peserta didik 38 sebagai kelas kontrol dan XI-IPS2 dengan jumlah peserta didik 37 sebagai kelas eksperimen, menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pada materi Sumber Daya Alam Indonesia, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem based Learning dengan metode tatap muka dan ceramah dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning penerapan Problem Based Learning menggunakan metode tatap muka dan daring. Data yang diperoleh dari hasil Pre-Test dan Post-Test yang diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah masa pembelajaran. kegiatan ini membutuhkan waktu 4 pertemuan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dibagi menjadi 3 yaitu uji instrumen, uji persyaratan analisis data dan uji analisis data. Setelah instrumen sudah melewati uji validitas dan realibilitas, dan data telah dinyatakan normal dan homogen, data memasuki uji Hipotesis. Berdasarkan uji koefisien regresi dapat diketahui pada variable model pembelajaran (X) dan variable pengetahuan peserta didik (Y) memiliki pengaruh 50.257 (nilai T = 50.257 > nilai T tabel = 4,08). Hal tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak maka Hi diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengeruh yang sangat kuat dan signifikan antara model pembelajaran Blended Learning terhadap pengetahuan pengetahuan peserta didik di kelas XI IPS MAN 5 Jakarta. This study aims to determine the effect of the Blended Learning learning model on students' knowledge of regional characteristics in class XI IPS at MAN 5 Jakarta. This research is an experimental study. With the number of students, namely class XI-IPS1 with a total number of students 38 as the control class and XI-IPS2 with the number of students 37 as the experimental class, using random sampling technique. This study uses a quantitative method with an experimental approach. In the Indonesian Natural Resources material, the control class uses the Problem-based Learning model with face-to-face and lectures and the experimental class uses the Blended Learning learning model, the application of Problem Based Learning uses face-to-face and online methods. Data obtained from the results of the Pre-Test and Post-Test given to both classes before and after the learning period. this activity takes 4 meetings. The technique used to analyze the data is divided into 3, namely instrument test, data analysis requirements test and data analysis test. After the instrument has passed the validity and reliability tests, and the data has been declared normal and homogeneous, the data enters the Hypothesis test. Based on the regression coefficient test, it can be seen that the learning model variable (X) and the student's knowledge variable (Y) have an effect of 50,257 (T value = 50.257> T table value = 4.08). This shows that Ho is rejected, so Hi is accepted. So it can be concluded that there is a very strong and significant influence between the Blended Learning learning model on the knowledge of students' knowledge in class XI IPS MAN 5 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Asma Irma Setianingsih, M.Si ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 4693 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 12:29 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 12:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9720 |
Actions (login required)
View Item |