PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA VLOG WONDERFUL INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 JAKARTA

PUTRI SANDA SAFITRI, . (2020) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA VLOG WONDERFUL INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PUTRI SANDA SAFITRI. Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi dengan Media Vlog Wonderful Indonesia terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia . Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Agustus. 2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi dengan media vlog wonderful Indonesia terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat sepuluh aspek penilaian, yaitu: tema, perasaan penyair, nada/suasana, dan amanat (unsur struktur batin) serta diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, versifikasi, dan tipografi (unsur struktur fisik). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian model one group pre-test post-test design dan memiliki sampel 27 siswa. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Lilliefors), diperoleh Lo= 0,1580 < Ltabel = 0,1665 pada prates dan Lo=0,1530< Ltabel = 0,1665 dengan taraf signifikasi α=0,05 pada pascates maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung = 1,30 dan Ftabel = sebesar 4,23, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0,05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung=16,33 > ttabel=2,056 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0,05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dengan media vlog wonderful Indonesia berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis. Sebagai alternatif agar siswa mendapatkan suatu cara yang lebih menarik dan menyenangkan dalam belajar, sehingga dapat menghasilkan tulisan teks puisi yang baik, para pengajar dapat menerapkan metode sugesti imajinasi dengan media vlog wonderful Indonesia. Selain itu, juga dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks cerpen pada kompetensi dasar 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita dan 4.9 mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. Kata Kunci : Metode sugesti imajinasi, media vlog wonderful Indonesia, keterampilan menulis teks puisi ABSTRACT Putri Sanda Safitri. The Influence of the Imagination Suggestion Method with Wonderful Indonesia Vlog Media on the Skills in Writing Poetry Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 28 Jakarta. Essay. Jakarta: Indonesian Language and Literature Education Study Program. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta. August. 2020. This study aims to determine the effect of the imagination suggestion method with the wonderful Indonesian vlog media in poetry text writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 28 Jakarta. At the assessment stage there are ten aspects of assessment, namely: theme, poet's feelings, tone / atmosphere, and mandate (elements of the inner structure) as well as diction, judgment, concrete words, figurative language, versification, and typography (physical structure elements). This study used an experimental method with a one group pre-test post-test design research model and had a sample of 27 students. Prerequisite test data analysis is done by normality test (Lilliefors), obtained Lo = 0.1580 <Ltable = 0.1665 on pre-test and Lo = 0.1530 <Ltable = 0.1665 with significance level α = 0.05 at post-test data declared normal distribution. Homogeneity test results (Fisher's Test) obtained Fcount = 1.30 and Ftable = 4.23, obtained that Fcount <Ftable, then the data has a homogeneous variance with significance level α = 0.05. The results of data analysis by t-test obtained tcount = 16.33> ttable = 2.056 results of interpolation with significance level α = 0.05. It can be stated that Ho was rejected and H1 was accepted. The results of this study indicate that the use of the imagination suggestion method with the wonderful Indonesian vlog media influences the writing skills of poetry text grade VIII students of SMP Negeri 28 Jakarta. The existence of this research is expected to be an additional knowledge about the methods that can be used in learning to write. As an alternative for students to get a more interesting and enjoyable way of learning, so that they can produce good poetry text writing, teachers can apply the method of imagination suggestion with the wonderful Indonesian vlog media. Besides that, it can also be implemented for short text learning material on basic competence 3.9 to analyze the elements of the short story builder in the story collection book and 4.9 construct a short story by paying attention to the elements of the short story builder. Keywords: Imaginary suggestion method, wonderful Indonesian vlog media, the ability to write poetry text

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. 2). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling.)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4901 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 12:49
Last Modified: 07 Sep 2020 12:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item