SITI NURJANNAH, . (2020) ANALISIS HASIL LATIHAN BRAIN GYM DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (854kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi dari berbagai sumber penelitian yang berhubungan dengan pengaruh gerakan Brain Gym terhadap kemampuan konsentrasi belajar peserta didik autis. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Analisis literatur dilakukan pada 5 artikel dan 5 buku. Hasil kajian literatur yang didapat adalah sebagai berikut: (1) Brain Gym yang dilakukan sesuai prosedur mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar peserta didik autis ringan. (2) dari 5 artikel yang dianalisis, 4 artikel menyatakan peningkatan yang signifikan pada konsentrasi belajar peserta didik autis, sedangkan 1 artikel menyatakan Brain Gym kurang efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik autis. Sedangkan pada analisis buku, hasil yang didapat adalah Brain Gym yang dilakukan sesuai dengan prosedur mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik autis. Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat satu implikasi praktis yaitu Brain Gym dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik autis ringan. Selanjutnya terdapat beberapa saran yang dapat peneliti berikan, yaitu sebagai berikut: (1) guru yang akan memberikan latihan Brain Gym harus memahami dan mempelajari keseluruhan informasi tentang Brain Gym. (2) sekolah yang akan menggunakan Brain Gym sebagai salah satu kegiatan rutin, harus melakukan pelatihan dan pembelajaran secara intensif mengenai Brain Gym terhadap guru-guru dan keluarga besar sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Brain Gym yang digunakan sesuai prosedur yang berlaku akan membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar peserta didik autis ringan dengan cukup signifikan pada rentang usia peserta didik 7-17 tahun. Kata Kunci: Brain Gym, Konsentrasi, Peserta Didik Autis This study aims to analyse information related to brain gym exercise and its influence on the learning concentration skills of studens with autism.The research was conducted using a qualitative approach with a literature study method. The analysis was carried out on 5 articles and 5 books. The results are as follows: (1) Brain Gym that is carried out according to the procedure can improve the learning concentration skills of mild autistic students. (2) of the 5 articles analyzed, 4 articles stated a significant increase in the learning concentration of autistic student, while 1 article stated that Brain Gym was less effective at increasing the learning concentration of autistic students. Meanwhile, results of the book analysis found that Brain Gym which was carried out according to the procedure was able to help improving the concentration skills of autistic students. Based on the research results above, there is a practical implication, that Brain Gym can be an alternative for teachers to help increasing the concentration of mild autistic students. Furthermore, there are several suggestions that researchers can provide, namely as follows: (1) teachers who will provide exercise Brain Gym must understand and learn the entirety of the Brain Gym. (2) schools that will use the Brain Gym as a routine activity must conduct intensive training and learning about the Brain Gym for teachers and the school's extended family. The conclusion of this study is that the Brain Gym used in accordance with the applicable procedures will help improve the learningconcentration skills of mild autistic students significantly who are in the age range of 7-17 years old.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lalan Erlani M.Ed.; 2). Suprihatin Ed.D. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 5471 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 16:43 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 16:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9761 |
Actions (login required)
View Item |