Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Dalam Jaringan Aplikasi Google Classroom bagi Siswa SMP Kelas VII

ALMA AGUSTIN, . (2020) Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Dalam Jaringan Aplikasi Google Classroom bagi Siswa SMP Kelas VII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (13MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks fabel dalam jaringan meggunakan aplikasi Google Classroom bagi siswa SMP Kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran tahun 2019/2020. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Dick and Carey. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 25 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas, diperoleh L_o sebesar 0,976611101 dan L_tabel sebesar 0,173. Maka hasil tersebur menunjukkan bahwa L_o> L_tabel yang menyimpulkan bahwa hasil tersebut normal. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t_hitung sebesar 41,3750715 dan t_tabelsebesar 2,010634722. Maka hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabelyang menyimpulkan bahwa hasil tersebut signifikan. Berdasarkan hasil uji homogenitas, diperoleh bahwa F_hitung sebesar 1,650051329 dan F_tabelsebesar 1,983759568 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa bahwa F_hitung< F_tabel yang menyimpulkan bahwa hasil tersebut homogen. Oleh karena itu, siswa mengalami peningkatan kemampuan teks fabel setelah siswa belajar menggunakan bahan ajar teks fabel dalam jaringan aplikasi google classroom. Hal tersebut terlihat pada nilai post test siswa lebih tinggi dari pada nilai pre test siswa. Berdasarkan hasil uji validasi materi diperoleh skor 33 dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji validasi media diperoleh skor 32 dengan kategori “sangat baik”. Hal tersebut menujukkan bahwa bahan ajar teks fabel dalam jaringan aplikasi google classroom “layak” untuk digunakan dalam pembelajaran teks fabel. This study aims to develop fable text teaching materials in the network using the Google Classroom application for Class VII junior high school students. This research was conducted in the 2019/2020 learning year. The research model used in the research used in this study is the Dick and Carey model. The sample in this study consisted of 25 students. Based on the results of the normality test, it was found that L_o was 0.976611101 and L table was 0.173. Then the results show that L_o> Ltabel which concludes that the result is normal. Based on the results of the t test, obtained t count of 41.3750715 and t table of 2.010634722. Then these results indicate that t_count> t_tabel which concludes that the result is significant. Based on the results of the homogeneity test, it is found that F_count is 1.650051329 and F table is 1.983759568, so these results indicate that Fcount <Ftable which concludes that the result is homogeneous. Therefore, students experience an increase in their fable text skills after students learn to use fable text teaching materials in the google classroom application network. This can be seen in the students 'post-test scores higher than the students' pre-test scores. Based on the results of the material validation test, it was obtained a score of 33 in the "very good" category and the results of the media validation test obtained a score of 32 in the "very good" category. This shows that the fable text teaching materials in the google classroom application network are "feasible" to be used in fable text learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rahmah Purwahida, M.Hum. ; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4852 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2020 10:13
Last Modified: 28 Sep 2020 10:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item