PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN KONSUMEN, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

EGI LANANG AUFAR, EGI (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN KONSUMEN, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan, kepuasan konsumen, dan citra merek terhadap niat pembelian kembali e-commerce shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, selama enam bulan dari bulan Januari hingga bulan Juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah konsumen e-commerce shopee yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 150 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 4,146 + 0,145 X1 + 0,176 X2 + 0,366 X3. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikansi Y bernilai sebesar 0,61, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai 0,95, dan X3 bernilai 0,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, Y atas X2, dan Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi pada linieritas yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan memiliki hubungan yang linier. Selanjutnya dilanjutkan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 2,424 dan ttabel = 1,65536, Y atas X2 thitung = 2,360 dan ttabel = 1,65536, Y atas X3 thitung = 4,703 dan ttabel = 1,65536. Nilai koefisien korelasi antara kepercayaan (X1) dengan niat pembelian kembali (Y) adalah 0,145, kepuasan konsumen (X2) dengan niat pembelian kembali (Y) adalah 0,176, citra merek (X3) dengan niat pembelian kembali (Y) adalah 0,366. Jadi terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap niat pembelian kembali. Begitupun dengan antara kepuasan konsumen terhadap niat pembelian kembali menghasilkan hubungan yang positif. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pula antara citra merek dengan niat pembelian kembali. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan, kepuasan konsumen, dan citra merek terhadap niat pembelian kembali. Koefisien determinasi Y atas X1, X2, X3 yang diperoleh sebesar 0,404 yang menunjukkan bahwa 40,4% variabel niat pembelian kembali dipengaruhi oleh kepercayaan, kepuasan konsumen, dan citra merek sedangkan 59,6% lainnya dipengaruhi variabel lain. Kata kunci: Niat Pembelian Kembali, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Citra Merek The purpose of this study was to determine the relationship The Effect of Trust, Consumer Satisfaction, and Brand Image E-commerce Shopee Repurchase Intentions of College Student Faculty of Economics, State University of Jakarta, for six months from January to June 2020. The research method that researchers used was the method survey with a correlational approach, the population used is e- commerce shopee consumers who are students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling of 150 people. The resulting regression equation is Ŷ = 4.146 + 0.145 X1 + 0.176 X2 + 0.366 X3. The analysis requirements test is a normality test using the Kolmogrov- Smirnov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significance level Y of 0.61, X1 of 0.200, X2 of 0.95, and X3 of 0 , 69 so that it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Linearity regression test of Y over X1, Y over X2, and Y over X3 produces a significance value at linearity that is 0,000 <0.05 so it can be concluded to have a linear relationship. Then the t test was continued and the resulting Y over X1 count = 2,424 and t table = 1.65536, Y over X2 count = 2.360 and t table = 1.65536, Y over X3 count = 4.703 and ttable = 1.65536. The correlation coefficient between trust (X1) and repurchase intention (Y) is 0.145, customer satisfaction (X2) with repurchase intention (Y) is 0.176, brand image (X3) and repurchase intention (Y) is 0.366. So there is a positive and significant relationship between trust in repurchase intentions. Likewise, between customer satisfaction with repurchase intentions results in a positive relationship. There is a positive and significant relationship between brand image and repurchase intention. Thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between trust, customer satisfaction, and brand image on repurchase intentions. Y coefficient of determination of X1, X2, X3 obtained by 0.404 which shows that 40.4% variable repurchase intention is influenced by trust, customer satisfaction, and brand image while the other 59.6% is influenced by other variables. Keyword: Repurchase Intention, Trust, Customer Satisfaction, Brand Image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs Nurdin Hidayat, M.M., M.Si 2). Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4649 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 11:48
Last Modified: 08 Sep 2020 11:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item View Item