PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI AKSI SINTA PADA PEMBELAJARAN KALIMAT DALAM TEKS DESKRIPSI BAGI PENYANDANG SPEKTRUM AUTISME

NUNI FEBRIYANTI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI AKSI SINTA PADA PEMBELAJARAN KALIMAT DALAM TEKS DESKRIPSI BAGI PENYANDANG SPEKTRUM AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar kalimat dalam teks deskripsi dengan menggunakan aplikasi Aksi Sinta yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa penyandang spektrum autsime di sekolah inklusi serta disesuaikan dengan kompetensi dasar yang mengacu pada Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun model pengembangan produk materi ajar kalimat berbasis aplikasi Aksi Sinta menggunakan model ADDIE. Validator pada penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang pengajar bahasa Indonesia dan siswa kelas VII penyandang spektrum autisme di SMPN 165 Jakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Pengembangan aplikasi Aksi Sinta pada materi ajar kalimat teks deskripsi telah dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE hanya sampai tahap development. Tahap analisis menghasilkan kebutuhan siswa dalam memahami materi ajar kalimat dalam teks deskripsi, sedangkan kompetensi yang digunakan di sekolah berpedoman pada kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud No.37 Tahun 2018. Kualitas aplikasi Aksi Sinta yang telah dikembangkan mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase 85,31% berdasarkan rata-rata penilaian validator. Penilaian ahli materi mendapatkan persentase sebesar 78,25%, ahli media 86,25%, dan guru pengajar Bahasa Indonesia 91,43%. Adapun respon siswa setelah menggunakan aplikasi ini adalah baik dengan persentase sebesar 86,5%. This study aims to develop sentence teaching material in the descriptive text using the Aksi Sinta application that is tailored to the needs of students with autsime spectrum in inclusive schools and adjusted to basic competencies that refer to Permendikbud No. 37 of 2018. This development research uses the research and development method (Research and Development). The product development model for sentence teaching materials based on the Sinta Action application uses the ADDIE model. The validators in this study were one material expert, one media expert, one Indonesian language teacher and seventh grade students with autism spectrum at SMPN 165 Jakarta. Collecting data in this study using observation and questionnaires. The development of Aksi Sinta application on the description text sentence teaching material has been developed with the ADDIE development model only up to thestage development. The analysis stage produces students' needs in understanding sentence teaching material in the description text, while the competencies used in schools are guided by the 2013 curriculum which refers to Permendikbud No.37 of 2018. The quality of the Sinta Action application that has been developed gets a very decent category with a percentage of 85.31 % based on the average validator's assessment. The evaluation of material experts got a percentage of 78.25%, media experts 86.25%, and Indonesian teachers 91.43%. The student response after using this application is good with a percentage of 86.5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 5250 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 17:24
Last Modified: 09 Sep 2020 17:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9817

Actions (login required)

View Item View Item