PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI MAWARIS KELAS XII SMA

MUHAMAD FAKHRIZAL FAZRI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI MAWARIS KELAS XII SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep media pembelajaran e-learning pada materi mawaris. Oleh sebab itu peneliti mencoba mengembangkan serta memadukan pembelajaran e-learning pada aplikasi Schoology dengan materi mawaris. Penelitian ini menggunakan metode R&D, Menurut Borg and Gall pengembangan merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan dan memvalidasi suatu produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini penyajian data dengan deskriptif, kemudian dipadu dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini mengacu kepada model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Pada tahap Analisis digunakan metode analisis kebutuhan sebagai acuan. Dari analisis kebutuhan yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran e-learning dan materi mawaris masih kurang diminati oleh peserta didik sehingga perlu adanya perubahan dan pembaharuan pembelajaran agar lebih diminati. Pada tahap desain dilakukan pembuatan kerangka pembelajaran di schoology dengan mengumpulkan materi, tugas, dan ujian. Serta mengatur pembuatan kelas belajar pada schoology.Selanjutnya pada tahap development di lakukan pengembangan pada materi menggunakan pendekatan STEM dan penggambaran pembelajaran di schoology. Pada tahap Implementasi dilakukan uji validasi ahli dan uji penilaian pengguna dan diperoleh nilai validasi materi sebesar 4,2 dengan kategori “sangat baik”, dan validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 3,47 dengan kategori “baik”. Adapun hasil penilaian pengguna masing masing memperoleh nilai 3,82 dengan kategori “baik” dengan presentase rata-rata 3,83. Dan untuk tahap evaluasi dilakukan perbaikan pada materi yang digunakan serta beberapa kata dan media pembantu yang digunakan di schoology. ************** This study aims to develop the concept of e-learning learning media on mawaris material. Therefore, researchers try to develop and integrate e-learning learning in Schoology applications with mawaris material. This research uses the R&D method, according to Borg and Gall development is an effort to develop and validate a product. This study uses the ADDIE development model. In this study descriptive data presentation, then combined with data collection techniques, namely interviews and questionnaires. The results of this study refer to the development model used, ADDIE. In the Analysis phase, the needs analysis method is used as a reference. From the analysis of the needs obtained, it is known that elearning media and mawaris material are still less in demand by students so there is a need for changes and renewal of learning to be more desirable. At the design stage, a learning framework is created in Schoology by collecting material, assignments,and examinations. And arrange the making of learning classes in Schoology. Furthermore, at the development stage, the material was developed using the STEM approach and depictions of learning in Schoology. At the Implementation stage, the expert validation test and user evaluation test were carried out and the material validation value was 4.2 in the "very good" category, and the media expert validation was obtained a value of 3.47 in the "good" category. The results of the assessment of each user scored 3.82 in the category of "good" with an average percentage of 3.83. And for the evaluation phase improvements were made to the material used as well as some of the words and supporting media used in Schoology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA. ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd.I
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 4775 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:40
Last Modified: 05 Sep 2020 08:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item View Item