PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SISKA WAHYUNI LESTARI, . (2020) PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SISKA WAHYUNI LESTARI. Kualitas Informasi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Informasi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggann Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif, Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang melakukan transaksi pembelian minimal tiga kali di Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 150 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 5.095 + 0,313 X1 + 0,798 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200 dan X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 5,782 > ttabel = 1,65529 dan Y atas X2 thitung = 5,703 > ttabel = 1,65529. dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka kedua variabel bebas tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien korelasi antara variabel kualitas informasi (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,555 sedangkan nilai koefisien korelasi harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,552 dan nilai signifikansi kedua variabel bebas sebesar 0,000 < 0,05, artinya kedua variabel bebas tersebut memiliki korelasi yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,433 yang menunjukkan bahwa 43,3% variabel kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas informasi dan harga. Sementara itu, 56,7% % dipengaruhi oleh faktor lain. SISKA WAHYUNI LESTARI. Information Quality and Price on Tokopedia Customer Satisfaction at Students of Universitas Negeri Jakarta. The purpose of this study was to determine the effect of Information Quality and Price on Tokopedia Customer Satisfaction at Students of Universitas Negeri Jakarta. This research was conducted at Jakarta State University, for 6 months from January to June 2020. The research method that the researchers used was a survey method with a quantitative research approach. Samples in this study were students of Jakarta State University who made purchases at least three times in Tokopedia . The sampling technique used was purposive sampling technique of 150 people. The resulting regression equation is Ŷ = 5.095 + 0.313 X1 + 0.798 X2. Test requirements analysis is the normality test with the Kolmogorov-Smirnov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significant level of Y value of 0.200, X1 of value of 0.200 and X2 of value of 0.200. Because the significance level of the three variables> 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Linearity regression test of Y for X1 and Y for X2 produces a significance value in Linearity, which is 0,000 <0.05, so it can be concluded that it has a linear relationship. Next, a t test was carried out and Y was produced over X1 thitung = 5.782> ttable = 1.65529 and Y on X2 thitung = 5.703> ttable = 1.65529. with a significance value of 0,000 <0.05, the two independent variables have a positive and significant effect on customer satisfaction. The correlation coefficient between the information quality variable (X1) to customer satisfaction (Y) is 0.555 while the price correlation coefficient (X2) to customer satisfaction (Y) is 0.552 and the significance value of the two independent variables is 0.000 <0.05, meaning that both variables This free has a significant correlation to customer satisfaction variables. The coefficient of determination of Y for X1 and X2 obtained by 0.433 which shows that 43.3% of the variable customer satisfaction is determined by the quality of information and prices. Meanwhile, 56.7% was influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurdin Hidayat, M.M.,M.Si. ; 2). Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E., M.M
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4646 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 09:25
Last Modified: 09 Sep 2020 09:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9936

Actions (login required)

View Item View Item