MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS IV SDN SUKAPURA 01 PAGI JAKARTA UTARA

CATHERINE LATITO, . (2016) MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS IV SDN SUKAPURA 01 PAGI JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri pada siswa melalui pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukapura 01 Pagi Jakarta Utara sebanyak 39 orang yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model spiral. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi aktivitas. Persentase konsep diri siswa pada siklus I sebesar 74,21% dan pada siklus II sebesar 83,28%, mencapai peningkatan sejumlah 9,07% dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani di kelas IV dapat meningkatkan konsep diri pada siswa. Hasil ini menunjukan bahwa pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan konsep diri siswa di kelas IV. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan setiap siswa sehingga dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd, ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Oct 2019 15:30
Last Modified: 31 Oct 2019 15:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item