TEKNIK VOKAL TEMBANG CIANJURAN PADA LAGU PAPATET DI SMK NEGERI 10 BANDUNG (SMKI)

NURMA LINDA PEBRIANTI, . (2020) TEKNIK VOKAL TEMBANG CIANJURAN PADA LAGU PAPATET DI SMK NEGERI 10 BANDUNG (SMKI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (926kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Tembang Cianjuran merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat, kesenian ini merupakan perpaduan antara alat musik tradisi dan vokal. Dalam Tembang Cianjuran, terdapat teknik vokal yang menjadikan ciri khas dari vokal Tembang Cianjuran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik vokal pada Tembang Cianjuran khususnya pada lagu Papatet “Narangtang Nyawang Waruga”. Objek dalam penelitian ini yaitu teknik vokal Tembang Cianjuran pada lagu Papatet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi online, wawancara jarak jauh dan studi dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat teknik vokal Tembang Cianjuran yaitu teknik Dongkari. Teknik Dongkari ini merupakan hiasan terkecil dan bisa disebut sebagai ornamen pada vokal Tembang Cianjuran. Terdapat berbagai macam Dongkari pada lagu Papatet “Narangtang Nyawang Waruga”, yaitu Dongkari baledog ( ↑ ), riak (m), rante (), golosor (ξ), galasar (З), gibeg (ƺ), gedag (Ζ), lapis (≈), leot (ٮ ), reureueus (ΛΛΛ) dan kait (). Tembang Cianjuran is a traditional art from West Java, this art is a blend of traditional musical instruments and vocal. In Tembang Cianjuran, there are vocal techniques that make the characteristics of Tembang Cianjuran vocal. Therefore this research aims to find out the vocal techniques in the Tembang Cianjuran especially in the Papatet song "Narangtang Nyawang Waruga". The object of this research is the Tembang Cianjuran vocal technique on the Papatet song. The method used in this research is a qualitative research method that is descriptive analysis with data collection techniques through literature study, online observation, long-distance interviews and documentation studies. The final result of this research is to show that there is a Tembang Cianjuran vocal technique that is the Dongkari technique. This Dongkari technique is the smallest decoration and can be called an ornament on the Tembang Cianjuran vocal. There are various kinds of Dongkari in the Papatet song "Narangtang Nyawang Waruga", namely Dongkari baledog ( ↑ ), riak (m), rante (), golosor (ξ), galasar (З), gibeg (ƺ), gedag (Ζ), lapis (≈), leot (ٮ ), reureueus (ΛΛΛ) dan kait ().

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Didin Supriadi, S.Sn., M.Pd ; 2). Dr. Caecilia Hardiarini, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 4930 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2020 14:33
Last Modified: 10 Sep 2020 14:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9988

Actions (login required)

View Item View Item