PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SD di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi)

DEASY ARIE ROSALINA, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Eksperimen Terhadap Siswa Kelas V SD di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_rev5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN Hitungan_rev.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran scientific terhadap minat belajar siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi, dengan materi pembelajaran waktu dan sudut pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pemilihan sampel terpilih SDN Sepanjang Jaya VI sebagai sampel penelitian. Kelas V-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A dengan jumlah 30 siswa sebagia kelas kontrol. Pengujian data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan metode pembelajaran scientific terhadap minat belajar siswa kelas V SD di kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk materi yang diajarkan di kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd ; 2). Dr. Yurniwati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2019 10:59
Last Modified: 01 Nov 2019 10:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item