PENGARUH POLA KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 7-8 TAHUN (PENELITIAN EX POST FACTO DI KELURAHAN PENGGILINGAN, JAKARTA TIMUR)

DIANA YANNOSA, . (2020) PENGARUH POLA KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 7-8 TAHUN (PENELITIAN EX POST FACTO DI KELURAHAN PENGGILINGAN, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik mampu beradaptasi dengan dunia luar selain keluarganya. Adapun kenyataan yang terjadi di masyarakat belum semua anak memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Sebagian dari mereka masih belum mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Ada banyak hal yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal anak, salah satunya adalah pola komunikasi yang diterapkan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pola komunikasi keluarga terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 7-8 tahun. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur dengan sampel penelitian anak usia 7-8 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Ex Post Facto dan mengumpulkan data dengan instrumen kuesioner (angket). Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan perhitungan anava dan uji-t. berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan anava diperoleh harga Fhitung = 34,774. Dengan demikian, Fhitung 34,774 > Ftabel 3,22 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat pembilang db (A) yaitu 2 dan db penyebut (D) = 43 maka H0 ditolak. uji-t diperoleh harga thitung 1 = 4,830 dengan harga ttabel = 1,690; thitung 2 = 25,068 dengan harga ttabel = 1,720; thitung 3 = 37,880 dengan harga ttabel = 1,695 pada taraf signifikan α = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara kecerdasan interpersonal anak usia 7-8 tahun kelompok pola komunikasi keluarga interaksional, mengalah dan protektif. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah pola komunikasi yang diterapkan dalam keluarga mempengaruhi cara ana beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia 7-8 Tahun. Interpersonal intelligence is the competency of an interact and socialize with other. The children that have a good interpersonal intelligence, they able to adapt with an external environment beside of their family. However, in fact it shows not all the children have a good interpersonal intelligence. In part of them still unable to adapt with their social community. There are some factor that can influence child interpersonal intelligence. One of them is communication system which applied in relative. The purpose of this study is to find about the effect of family communicatin system on child interpersonal intelligence (7-8 years olds). The study was exercised in Penggilingan, East Jakarta. The research sample is child with 7-8 years olds. This study use Ex Post Facto researh design and compile data with questionaire instrument. Research analysis technique use normality test. Hypothesis test technique use anava (analysis one of variance) and t-test calculation. Based on hypothesis test use anava, the result shows Fcount = 34,774. Therefore, Fcount = 34,774 > Ftable = 3,22 with a significant level α = 0,05 with a numerator level db (A) that is 2 and db denominator (D) = 43 then H0 is rejected. T-test obtained price tcount 1 = 4,830 with price ttable = 1,690; tcount 2 = 25,068 with price ttable = 1,720; tcount 3 = 37,880 with price ttable = 1,695 at a significant level α = 0,05 which means the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. Therefore, the conclusion is there, is differene between child interpersonal intelligence (7-8 years olds) for family communication system interactional category, relent and protective category. The conclusion this study is communication system that applied in relative can influence child manner t adapt with their social community. Kata Kunci : Family Communication System, Interpersonal Intelligence, 7-8 years olds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurjannah, SP., M. Pd. ; 2). Azizah Muis, S. Pd., M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 6328 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 17:06
Last Modified: 11 Sep 2020 17:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item