PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS 11 SMA NEGERI 112 JAKARTA BARAT (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

RISTYA MUTHMAINNAH, . (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS 11 SMA NEGERI 112 JAKARTA BARAT (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (20MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

RISTYA MUTHMAINNAH, Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 112 Jakarta Barat (Penelitian Tindakan Kelas), Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 112 Jakarta Barat di kelas pada tahun ajaran 2019—2020 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas 11 SMA Negeri 112 jakarta barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Dan instrumen yang digunakan adalah tes pada setiap siklus dan observasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keterampilan membaca siswa dalam memahami isi bacaan. Observasi digunakan untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil penguasaan keterampilan membaca dari setiap siklus adalah sebagai berikut: Skor rata-rata yang diperoleh pada pre-test adalah 62,7 dan hasil rata-rata tes pada akhir siklus pertama adalah 71,80 kemudian rata-rata hasil tes pada akhir siklus kedua adalah 85,69. Adapun peningkatan hasil dari pre-tes ke tes siklus pertama adalah 9,1 dan peningkatan hasil dari siklus pertama ke siklus kedua adalah 13,89. Jumlah peningkatan dalam penelitian ini adalah 22,99 maka peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas 11 SMA Negeri 112 Jakarta Barat.RISTYA MUTHMAINNAH, Improved Reading Skills by Using Mind Mapping Type Cooperative Learning Models in 11th Grade Students of SMA Negeri 112 West Jakarta (Classroom Action Research) Thesis. Jakarta: Arabic Language Education Study Program, Language and Arts Faculty, Jakarta State University, 2020. This research was conducted at 112 West Jakarta State High School in eleventh grade in the 2019-2020 school year. This research aims to determine the improvement of reading skills using mind mapping type cooperative learning models in eleventh grade students of SMA Negeri 112 West Jakarta. The type of this research is Class Action Research which is conducted in two cycles. The Class Action Research model that used is the Kemmis and Mc Taggart model which is consisted of the planning, implementation, observation, and reflection stages. And the instruments used are tests in each cycle and observation. Learning outcomes tests are used to measure students' reading skills in understanding reading content. Observation is used to measure teacher and student performance in learning. The results of mastery of reading skills of each cycle are: The average score obtained at the pre-test is 62,7 and the average test result at the end of the first cycle is 71,80 then the average test results at the end of the second cycle are 85,69. The enhancement in results from pre-test to the first cycle test was 9,1 and the increase in results from the first cycle to the second cycle was 13,89. The summary of enhancement in this research is 22,99, then the researchers concludes that there is an enhancement in reading skills by using the mind mapping type cooperative learning model in eleventh grade students at SMA Negeri 112 West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nuruddin, M.A 2) Dr. Ahmad Murodi, M.A
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4633 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2020 15:01
Last Modified: 17 Sep 2020 15:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

View Item View Item