PERAN GURU DALAM INTERNALISASI KEDISIPLINAN SISWA(Studi Kasus di SMAN 15 Sunter Agung Jakarta Utara)

Margaretha Silvana, . (2016) PERAN GURU DALAM INTERNALISASI KEDISIPLINAN SISWA(Studi Kasus di SMAN 15 Sunter Agung Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
SKRIPSI Margaretha Silvana Pend01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peran Guru dalam menanamkan sikap disiplin siswa melalui sosialisasi yang diberikan di SMA Negeri 15 Jakarta. Penelitian ini mengkaji mekanisme penerapan peraturan dan disiplin kepada siswa serta peran guru dalam menanamkan kedisiplinan siswa melalui proses sosialisasi dan internalisasi sikap disiplin kepada siswa karena penelitian ini untuk mengetahui internalisasi sikap disiplin di sekolah SMANegeri15 Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulandata,pengamatan, dan wawancara mendalam dengan 14informan terdiri dari 6 orang informan kunci yaitu Pihak Wakil Kepala Sekolah Bid. Kesiswaan, Guru BP, Guru Sosiologi, Guru Sejarah, Guru Olahraga, Guru Kimia di SMA Negeri 15Jakarta, serta 6 orangsiswakelas X (X MIA 1, X MIA 2) , 2 dari kelas XI (XI IIS 1, XI IIS 4), 2 dari kelas XII (XII IIS 2, XII IIS 3), 1 satpam, 1 alumniSMA Negeri 15Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kedisiplinan yang diterapkan oleh guru dengan menggunakan cara-cara yang berbeda melalui sosialisasi represif dan partisipatif dalam menanamkan sikap disiplin siswa, namun dalam penerapannya belum berjalan dengan baik, karena masih banyak siswa yang tidak disiplin di SMAN 15 Jakarta sehingga penerapan pendisiplinan yang dilakukan guru ini belum terinternalisasi ke dalam diri siswa, terlihat masih ada siswa yang belum disiplin di sekolah maupun di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian, peraturan diberikan sekolah melalui guru kepada siswa. Gurumemiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkembangkan sifat dan sikap disiplin dalam mentaatitata tertib atau peraturan di sekolahdan di dalam kelas. Menurut Durkheim adalah moralitas terdiri dari seperangkat aturan dan prinsip-prinsip, karakterisitik yang sangat khusus yang membedakan mereka dari aturan dan standar lainnya. Moralitas dibangun atas tiga elemen yaitu disiplin, keterkaitan sosial dan otonomi. Disiplin penting dalam membentuk karakter dan kepribadian secara umum. Apabila di sekolah kedisiplinan ini merupakan aturan yang dibuat sekolah sebagai suatu standar yang diberikan dalam penerapan sikap disiplin, hal ini dilakukan dalam membentuk sikap disiplin siswa karena hal ini penting dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa.Keberhasilan seorang guru dilihat dari cara guru dalam menerapkan sikap disiplin siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuanita Aprilandini, M.Si ; 2). Ahmad Siswanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2020 16:06
Last Modified: 23 Sep 2020 16:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item