HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MICROTEACHING DENGAN KESIAPAN MENGAJAR PADA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ADMINISTRASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

LAYLI MUFIDAH, . (2012) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MICROTEACHING DENGAN KESIAPAN MENGAJAR PADA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ADMINISTRASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAYLI MUFIDAH.pdf

Download (717kB)

Abstract

Penelitian iini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Efektivitas Microteaching Dengan Kesiapan Mengajar Pada Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Administrasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak bulan November 2011 sampai dengan bulan Januari 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonnomi Administrasi yang mengikuti Program Pengalaman Lapangan sebanyak 351. Sampel yang digunakan sebanyak 88 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak proporsional (Proportionate Stratified Random Sampling Technique). Hasil dari penelitian yang diperoleh persamaan regresi linier sderhana yang diperoleh adalah Ŷ = 47,85 + 0,234X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan dengan menggunakan uji liliefors pada taraf signifikan sebesar 0,05 menunjukkan bahwa Lhitung (0,038) < Ltabel (0,094). Dalam uji hipotesis, uji keberartian koefisien regresi menggunakan tabel Analisis varians (Anava) menggunakan Fhitung (10,61) > Ttabel (3,96) yang berarti koefisien regresi tersebut signifikan. Data hasil uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung ((0,69) < Ftabel (1,71) yang menunjukkan bahwa koefisien regresi tersebut linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy = 0,332 termasuk dalam kategori rendah. Hasil dari uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan Thitung (3,26) > Ttabel (1,67). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efektivitas microteaching dengan kesiapan mengajar program pengalaman lapangan. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 0,1099. Hal ini berarti variasi yang terjadi pada variabel kesiapan mengajar program pengalaman lapangan (Y) ditentukan oleh efektivitas microteaching (X). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara Efektivitas Mocroteaching denagn Kesiapan Mengajar Pada Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Administrasi Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. I Ketut R Sudiardhita, M.Si 2.) Dicky Iranto, SE, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:02
Last Modified: 05 Nov 2019 11:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item