PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD DI KELURAHAN MAKASAR, JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur)

Dyah Putri Pratiwi, . (2016) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD DI KELURAHAN MAKASAR, JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dyah Putri Pratiwi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal Dyah Putri Pratiwi.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah SD di Kelurahan Makasar dan sampel di penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Makasar 06 Pagi Jakarta Timur sebanyak 54 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kinerja dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,38 dan ttabel = 1,67 pada dk = 52 dan dengan taraf signifikan 0,05 sehingga H1 diterima Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat dijadikan upaya meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd, 2). Drs. A.R Supriatna, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:51
Last Modified: 05 Nov 2019 10:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item