PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP PERILAKU KERJASAMA (Studi Eksperimendi SMK Muara Indonesia)

Rizki Wulandari, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP PERILAKU KERJASAMA (Studi Eksperimendi SMK Muara Indonesia). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (46kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran Make a Matchpada mata pelajaran PKn terhadap perilakukerjasama Kelas X di SMK Muara Indonesia.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling, jumlah sample sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Untuk mendapatkan dataperilakukerjasama digunakanpretestdan post test dengan angket sebanyak 30 pernyataan dengan 5 alternatif jawaban selalu, sering, kadang-kadang, pernah, tidak pernah.Sebelum penelitian, diadakan uji validitas dan uji reliabelitas. Uji validitas denganrumusPearson Product Momentdengan kriteria batas minimum pernyataan yang diterima adalah : 0,254.Jika > maka butir pertanyaaan yang diterima dianggap valid. Terdapat 40 pernyataan, 30 soal yang valid dan 10 soalyang tidak valid. Uji reliabelitasdengan rumus Alpha Cronbackdari perhitungan reliabelitas r11sebanyak 0,868(sangat tinggi).Saat penelitian data pre test eksperimen memiliki skor sebanyak 3590 dan kelas kontrol 3452. Data post test eksperimen mempunyai jumlah skor 3926 dan kelas kontrol 3610.Keduanya mengalami peningkatan, dan yang lebih tinggi kelas eksperimen. Selanjutnya dilakukan uji persyaratananalisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas denganrumus Liliefors. Diperoleh 0,133 (eksperimen-pre test), 0,121 (eksperimen-post test), 0, 142 (kontrol-pre test), 0,102 (kontrol-post test) lebihbesar dari (0,157), maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan rumus fisher. Data pre test= 1,09 dan post test 1,54 < ( 1,82) maka data homogen. Uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil analisis mengggunakan uji-t diperoleh = 4,116 dan = 1,999 pada taraf signifikasi = 0,05 dengan n = 32. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh harga > . Maka yang menyatakan tidak terdapat pengaruh ditolak. Sedangkan yang menyatakan terdapat Pengaruh model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKn dengan perilakukerjasama diterima.Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaranMake a Match pada mata pelajaran PKn terhadap perilakukerjasama di kelas X SMK Muara Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Drs. M. Maiwan, M.Si.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 02 Oct 2020 18:22
Last Modified: 02 Oct 2020 18:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item