PENGGUNAAN PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus : Lima Keluarga Miskin di Kelurahan Cipinang Timur,Jakarta Timur)

Siti Hanifaty, . (2016) PENGGUNAAN PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kasus : Lima Keluarga Miskin di Kelurahan Cipinang Timur,Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
bab I-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR..pdf

Download (92kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahuidan mendeskripsikan lebih dalam mengenai penggunaanKartu Jakarta Pintarpadalima keluargaMiskindi Kelurahan CipinangTimur serta arti Kartu Jakarta Pintar bagi sistempendidikan di Jakarta. Program Kartu Jakarta Pintar merupakan bantuan dana yang diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang berdomisili khusus di DKI Jakarta.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan peneliti mendeskripsikan pengalaman para warga Cipinang dalam menggunakanbantuan Kartu Jakarta Pintar tersebut untuk memenuhi kebutuhan anak mereka dalam bidang pendidikan melalui pengamatan partisipan. Konsep yang digunakan untuk melihat penggunaanKartu Jakarta pintar adalah Kebijakan Pendidikan, Pemerataan Pendidikan, dan Keluarga Miskin. Penulis melakukan penelitiandi DKI Jakarta, yaitu di KelurahanCipinangTimurdimana lokasi tersebut terdapat para keluarga yang mendapatkan bantuan program Kartu Jakarta Pintar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu observasi, dan wawancara. Penulis melakukan wawancara dengan 5 subjek penelitian, yaitu 5 keluarga yang mendapatkan bantuan Kartu Jakarta Pintar dan berdomisili di Daerah CipinangTimur. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan, yakni dimulai dari bulan Mei 2015 sampai Oktober 2015.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Kartu Jakarta Pintar merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu, kebijakan ini sudah ada sejak tahun 2012 dan masih berjalansampai dengan sekarang. Selama terlaksananya ProgramKJP sangat mebantu para masyarakat kelurahan CipinangTimur, serta meningkatkan akses pendidikan di masyarakat Cipinang Timur. Program ini membantu para orangtua sehingga para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya tidak usah takut kekurangan biaya untuk memenuhi kebutuhan peralatan dan perlengkapananak mereka yang harus ditanggung selain biaya sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rakhmat Hidayat, Ph.D ; 2). Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Oct 2020 10:02
Last Modified: 06 Oct 2020 10:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item