MENINGKATKAN KEMAMPUAN VARIASI GERAK DASAR PENCAK SILAT DALAM PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Studi Penelitian Tindakan Kelas 5 di SDN Rawamangun 05, Pulo Gadung, Jakarta Timur)

YUDHI BAGASTIAN, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN VARIASI GERAK DASAR PENCAK SILAT DALAM PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Studi Penelitian Tindakan Kelas 5 di SDN Rawamangun 05, Pulo Gadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Yudhi Bagastian. Meningkatkan Kemampuan Variasi Gerak Dasar Pencak Silat Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Pendekatan kontekstual. Jakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan variasi gerak dasar pencak silat melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas 5 di SDN Rawamangun 05. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research atau penelitan tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus membutuhkan empat kali tindakan pada siklus pertama, dan tiga kali tindakan pada siklus kedua. Setiap siklus tersebut terdiri dari beberapa tahapan utama, yaitu : perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil pada siklus I menunjukkan kemampuan variasi gerak dasar pencak silat siswa adalah 71,01% dengan presentase siswa dengan kategori baik sebesar 68,75%. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan variasi gerak dasar pencak silat siswa hingga mencapai 80,55% dengan presentase siswa berkategori baik sebesar 90,625%. Sedangkan data pemantau tindakan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual pada siklus I adalah 73,91% dan pada siklus II menjadi 90,21%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan variasi gerak dasar pencak silat pada siswa dalam pembelajaran PJOK. Dengan demikian, berdasarkan penelitian ini pendekatan kontekstual dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan variasi gerak dasar pencak silat pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Rawamangun 05. Kata Kunci : Pencak silat, Pendekatan Kontekstual ********** ABSTRACT Yudhi Bagastian. This study aimed to discover whether there is an ability improvement of Pencak Silat basic motion variation through contextual teaching and learning within 5th Grade Students in Rawamangun 05 Elementary School. The research was done by using classroom action research throughout 2 cycles. The first cycle required 4 act and the second one needed 3 acts. Each of these cycles consists of several major stages, that is : planning, acting and observating, reflecting. Based on the conducted research, the study revealed 71,01% with 68,75% well predicated student presentation. In the second cycle shows improvement learning outcomes data from Pencak Silat basic motion variation up to 80,55% with 90,625%% well predicated student. Where as data monitor learning actions through contextual teaching and learning on the first cycle is 73,91% and the second cycle it becomes 90,21%. Research shows that applying contextual approaches can enchance ability to variations in basic motion of pencak silat in physical education. Thus, based on this research contextual approach can be usesd for ability improvement of Pencak Silat basic motion variation through contextual teaching and learning within 5th Grade Students in Rawamangun 05 Elementary School. Keyword : Pencak Silat, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Edwita, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7117 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2020 14:43
Last Modified: 10 Nov 2020 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11370

Actions (login required)

View Item View Item