Agung Sedayu Satri, . (2018) Motivasi Mengajar Guru Sejarah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas XI IPA-IPS SMA Negeri 12 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AGUNG SEDAYU SATRI (SKRIPSI).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Lokasi yang dijadikan selama penelitian di SMA Negeri 12 Jakarta. Terdapat dua informan dalam penelitian disini yaitu informan kunci guru sejarah Geri Taofiq Nurchaman dan informan inti para siswa IPA dan IPS kelas XI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, wawancara dan studi dokumenter. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini dimana guru sejarah SMA Negeri 12 Jakarta yaitu Pak Geri memiliki motivasi dalam mengajar, ini ditunjukkan salah satunya dengan tertariknya siswa dengan mata pelajaran sejarah. Hasil temuan ini disesuaikan dengan pendapat para ahli seperti Maslow dan Mc. Clelland dimana ada beberapa kebutuhan yang membuat munculnya motivasi, dan setelah melakukan observasi dan wawancara kepada pak Geri, ada kebutuhan yang membentuk motivasi mengajar pak Geri. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah untuk semua para calon guru diharapakan untuk mengajar dengan sepenuh hati, jangan terlalu mengharapkan sebuah kesejahteraan jika anda tidak berniat menjadi seorang guru. Kemudian, untuk para calon guru maupun yang sudah mengajar. Buatlah suasana belajar mengajar di dalam dalam kelas lebih menyenangkan dan mengasyikan bagi para siswa, sering-seringlah memberikan pujian kepada siswa agar siswa lebih tertarik dengan pelajaran sejarah yang dilakukan oleh para guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Abdul Syukur, M.Hum 2) Dra. Budiarti, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 10:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 10:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |