PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH PRAKTIK BATU BETON DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ELZA YUNIKA, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH PRAKTIK BATU BETON DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial berbasis animasi pada mata kuliah Praktik Batu Beton. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Thiagarajan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini disingkat dengan 4D (four-D), yaitu pendefiniasian (define), perencanaan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuntitatif. Pada instrumen non tes penelitian ini menggunakan kuisioner, sedangkan pada intrumen tes menggunakan tes pretest dan posttest. Kuisioner diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk media pembelajaran. Tes pretest dan posttest diberikan kepada mahasiswa untuk menguji efektifitas produk media pembelajaran. Hasil kelayakan produk media pembelajaran yang berjumlah 12 video tutorial berbasis animasi, sebagai berikut: a) Penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 88,00 % yang diklasifikasikan sangat layak; b) Penilaian dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 84,17 % yang diklasifikasikan sangat layak; dan c) Hasil uji coba tes mendapat rata-rata nilai pretest sebesar 54,67 dan rata-rata nilai posttest sebesar 94,33. Hasil uji Wilcoxon dan perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest, sehingga terdapat pengaruh penggunaan video tutorial berbasis animasi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 0,80 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Maka, video tutorial berbasis animasi layak dan efektif digunakan sebagai variasi media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Praktik Batu Beton *********** ABSTRACT This research aims to produce instructional media based on animation video tutorials in the Concrete Practice course. This study uses the Research and Development (R&D) method which refers to the Thiagarajan research and development model. The research and development steps are abbreviated as 4D (four-D), namely the definition (define), planning (design), development (development), and dissemination (dissemination). The data collected by using quantitive methode. In the non-test instrument this study used a questionnaire, while the test instrument used the pretest and posttest tests. Questionnaires were given to material experts and media experts to test the feasibility of learning media products. There are two types of tests, posttest an pretest. The test are used for the effectiveness of instructional media products. The results of the feasibility of learning media products, amounting to 12 animation-based tutorial videos, are as follows: a) The evaluation of the material experts gets a value of 88,00% which is classified as most decent; b) The evaluation from media experts gets a value of 84,17% which is classified as moderate; and c) The results of the test trials got an average pretest score of 54,67 and an average posttest score of 94,33. The Wilcoxon test results and the N-Gain calculation show that there is an average difference between the pretest and posttest learning outcomes, from the result of the test, there is an effect of using animation-based video tutorials to improving student learning outcomes by 0,80 which is included in the high category. So, animation-based video tutorials are a proper methode and effective to be used as a variety of learning media. Keywords: Learning Media, Video Tutorials, Concrete Practice

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd. ; 2). Dr. Tuti Iriani, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Sipil
Depositing User: Users 7458 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2020 05:51
Last Modified: 05 Nov 2020 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item