Dinda Rijqiana Rahma, . (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Model Listening Team Terhadap Murid Kelas 2 di SMA N 17 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Dinda Rijqiana Rahma.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 17 Jakarta pada bulan Oktober – November 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran Listening Team melalui diskusi pada siswa kelas 2 SMA Negeri 17 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini mencakup siswa kelas 2 SMA Negeri 17 Jakarta yang berjumlah 45 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari jawaban murid untuk soal terhadap kemahiran menulis tentang tata bahasa Arab diperoleh dari akhir kegiatan penelitian dengan memberikan soal sebagai berikut:1) Tes menulis yang pertama adalah Imla’ Menyalin dari cerita “ Di Rumah”, 2) Tes menulis yang kedua tentang tata bahasa adalah Imla’ Mengamati dengan melihat penulisan bahasa Arab dari perubahan (kata kerja / fi’il mudhori’) kemudian disalin kekertas tanpa melihatnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan terkait dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa SMA Negeri 17 Jakarta adalah ٥٥٫٥٥%. Pada siklus II nilai rata-rata peningkatan dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa SMA Negeri 17 Jakarta menjadi ٨٨٫٨٥%. Pada penerapan model Listening Team diperoleh 2 siklus 2 x 45 menit tiap 1 kali pertemuan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr Zainal Rafli 2) Ahmad Murodi M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 14:49 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 14:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1159 |
Actions (login required)
View Item |