PENGEMBANGAN APLIKASI AR-SENSES BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM INDRA MANUSIA KELAS XI SMA

MUHAMMAD DZUL QARNAIN, . (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI AR-SENSES BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM INDRA MANUSIA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Biologi merupakan bidang ilmu pendidikan sains yang mempelajari makhluk hidup dengan subjek yang sangat luas, salah satunya sistem indra manusia. Pencapaian proses pembelajaran yang efektif dan efisien memerlukan media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi dan sesuai karakteristik peserta didik. Augmented Reality merupakan teknologi terkini yang dapat dioperasikan pada smartphone android, dimana sebagian besar masyarakat sudah menggunakan android. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi AR-Senses untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem indra manusia. AR-Senses merupakan sebuah aplikasi pembelajaran android berbasis Augmented Reality dengan dukungan fitur video mekanisme, materi singkat, dan kuis latihan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RND) dengan tahapan sesuai model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Juli 2020. Subjek uji penelitian meliputi validator ahli, guru Biologi, 15 peserta didik kelompok kecil, dan 90 peserta didik kelompok besar kelas XI di SMAN 30 Jakarta. Hasil keseluruhan skor rata-rata uji kelayakan dan uji coba media adalah 84% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data diperoleh dari rata-rata nilai pre-test dan post-test menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, homogen, dan tolak H0. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi AR-Senses sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran, serta dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai konsep sistem indra manusia. Kata Kunci: augmented reality, media pembelajaran, penguasaan konsep. ******** Biology is a field of science education that studies living things with a very broad subject, one of which is the human sensory system. Achieving an effective and efficient learning process requires learning media that follows technological developments and according to the characteristics of students. Augmented Reality is the latest technology that can be operated on android smartphone, where most people are already using Android. The purpose of this research is to develop the AR-Senses application to improve mastery of the concept of the human sensory system. AR-Senses is an android learning application based on Augmented Reality with support for video mechanism features, short material, and practice quizzes. This study uses the Research and Development (RND) method with the stages according to the ADDIE model. The research was conducted from January to July 2020. The research test subjects included expert validator, biology teachers, 15 small group students, and 90 large group students for class XI at SMAN 30 Jakarta. The overall result of the average score of feasibility and media trials is 84% with the very feasible category. The results of the data analysis were obtained from the average pre-test and post-test values showing that the data were normally distributed, homogeneous, and rejected H0. The conclusion of this study shows that the AR-Senses application is very feasible and effective to be used as a learning medium, and can improve students' ability to master the concept of the human sensory system. Keyword: augmented reality, concept mastery, learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hanum Isfaeni, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Anatomi Manusia
Sains > Fisiologi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 7536 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2020 11:58
Last Modified: 14 Nov 2020 11:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item