PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI MANFAAT KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEDAGANG PASAR (KOPPAS) KECAMATAN PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN

HERMANSYAH, . (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI MANFAAT KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEDAGANG PASAR (KOPPAS) KECAMATAN PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Hermansyah (8105108073).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi manfaat koperasi terhadap partisipasi anggota Koperasi Pedagan Pasar (KOPPAS) Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah anggota koperasi sebanyak 278 orang. Kemudian diambil 69 anggota sebagai sampel. Semua variabel dalam penelitian ini dinyatakan berdistribusi normal dan berasumsi linieritas. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh . Uji koefisien regresi simultan (uji F) menunjukan adanya pengaruh secara simultan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan persepsi manfaat (X2) koperasi terhadap partisipasi anggota koperasi (Y) dengan melihat kriteria keputusan F hitung 18,540 > F tabel 3,316. Sedangkan uji koefisien regresi parsial (uji t) menunjukan masing-masing variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hal tersebut dapat dilihat pada kriteria keputusan masing-masing variabel dimana thitung variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 2,212 dan persepsi manfaat koperasi (X2) sebesar 3,761 > ttabel yang sebesar 1,997. Uji koefisien determinasi menunjukan partisipasi anggota Koperasi Pasar (KOPPAS) secara serentak dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan persepsi manfaat koperasi yang dapat dilihat pada nilai determinasi sebesar 0,360 atau 36% persentase pengaruhnya dari kedua variabel independen tersebut. sedangkan persentase selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa, terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi manfaat koperasi terhadap partisipasi anggota Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS) Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ********** This study aims to determine how much the influence of service quality and perception of cooperative`s benefit to the participation of member of Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS) in Distric of Pasar Minggu, South of Jakarta. The method of study used survei method with correlation approach. Study population are members of cooperative as many as 278 people. Then taken 69 members as sample. All of variables of this study are revealed have normal distribution and assumes linierity. Multiple linierity regression equation obtained . Simultaneous regression coefficient test (test F) showed that there is influence simultaneously between variable of service quality (X1) and perception of benefit (X2) of cooperative to the participation of cooperative members (Y) by seeing the decision criteria F count 18,540 > F table 3,316. while the partial regression coefficient test (t Test) showed that each of independent variables has the influence to the dependent variables. That can be seen in the decision criteria each variable where t count service quality variabel (X1) amounts 2,212 and the cooperative is benefit perception amounts 3,761 > t table which amount to 1,997. Determination coefficient test showed that the participation of member Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS) simultaneously influence by quality service variable and the perception of cooperative is benefit that can be seen in the value of determination that amounts to 0,360 or 36% the percentage of influences of both independent variables, while the remaining percentage is influenced by other factors. From the above study, it can give the result that there are the influence of service quality and the perception of cooperative is benefit to the participation of members of Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS) in District of Pasar Minggu, South of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I ketut R. Sudiarditha, M.Si. ; 2). Drs. Dedi Purwana, E.S. M.Bus.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 27 Nov 2020 13:23
Last Modified: 27 Nov 2020 13:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item