JENIS-JENIS TEKS(TEXTSORTEN) DALAM BUKU AJAR GRÜß DICH!

Rafika Robbyanti, . (2019) JENIS-JENIS TEKS(TEXTSORTEN) DALAM BUKU AJAR GRÜß DICH! Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. ZUSAMMENFASSUNG.pdf

Download (374kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (67kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKApdf.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang jenis-jenis teks (Textsorten) yang terdapat pada buku ajar Grüß Dich!karya Helmi Rosana dan Willia Sjarief. Data yang diteliti berupa teks-teks yang terdapat dalam buku ajar tersebut.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dalam buku ajar Grüß Dich!terdapat 4jenis teks menurut Krumm yang di dalamnya terdapat 68 teks yang termasuk jenis teks dialog (Dialoge), 30teks yang termasuk jenis teks yang menceritakan sesuatu (erzählende Texte), 13teks yang termasuk jenis teks lainnya (di dalamnya terdapatteksberupa lagu, jadwal pelajaran, keterangan medis, formulir, pohon keluarga, perintah, resep masakan, daftar menudan papaninformasi)dan 2 teks yang termasuk jenis tekskoran (Zeitungstexte). Di dalam buku tersebut tidak terdapat jenis teks ilmiah (Sach-/Fachtexte).Untuk jenis-jenis teks menurut Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 terdapat 5jenis teks yang ditemukan dalam buku ajar Grüß Dich!, yaitu jenis teks interaksi interpersonal sebanyak10 teks, jenis teks interaksi transaksional sebanyak60 teks, jenis teks khusus sebanyak17 teks, jenis teks deskriptif sebanyak 23 teks dan jenis teks karya sastra sebanyak 3 teks.Jenis teks yang paling mendominasi pada penelitian ini adalah jenis teks interaksi transaksional.Kesimpulan dari hasil analisis data adalah banyaknya jumlah jenis teks berupa teks dialog dan teks interaksi transaksional dengan topik bahasan jati diri, kehidupan di sekolah, kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari, serta 5jenis teks (interaksi interpersonal, interaksi transaksional, teks khusus, teks deskriptifdan teks karya sastra) menunjukkan bahwa buku Grüß Dich!dapat digunakan oleh pengajar bahasa Jerman sebagai buku peganganuntuk mengajar dengan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Ellychristina D. Hutubessy, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 09:58
Last Modified: 30 Nov 2020 09:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item