GALIH SULISTYANINGRA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN READING COMPREHENSION ABILITY MELALUI VISUALIZING STRATEGY PADA SISWA KELAS IV SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI GALIH SULISTYANINGRA.pdf Download (3MB) |
||
Text
JURNAL SKRIPSI GALIH SULISTYANINGRA.pdf Download (273kB) |
||
|
Image
BIOGRAFI.jpg Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah reading comprehension ability dapat ditingkatkan melalui penerapan visualizing strategy pada siswa kelas IV SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan. Strategi ini diterapkan siswa dengan menggambarkan hasil visualisasi pada lembar storyboarding yang disediakan ketika membaca teks sederhana.Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus menurut model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes untuk mengukur reading comprehension ability siswa dan lembar pengamatan untuk menilai efektivitas proses penerapan visualizing strategy yang meliputi aktivitas guru dan siswa. Instrumen ini sudah diuji validitas dan realibilitas nya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu ditunjukkannya peningkatan yang signifikan pada perolehan skor reading comprehension ability siswa setelah penerapan visualizing strategy. Pada siklus I, persentase siswa yang memperoleh skor ≥ 70 hanya 63,6%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95,4%. Peningkatan skor ini disebabkan oleh efektivitas proses pembelajaran yang juga meningkat melalui visualizing strategy dari 65,8% menjadi 93,3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Herlina, M.Pd ; 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 11:07 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 11:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
View Item |