Pengaruh Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Sistem Full Day School

AJENG NUR ARYANI, . (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Sistem Full Day School. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ajeng.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada saat ini terlihat beberapa peserta didik kurang memiliki motivasi belajar. Begitu pula yang terlihat di SMP Negeri 225 Kalideres yang menerapkan sistem full day school, sekolah ini termasuk sekolah yang memiliki prestasi namun motivasi belajar peserta didiknya terlihat kurang berbeda dengan SMP Negeri 115 Tebet yang menerapkan sistem reguler mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik yang memakai sistem full day school dengan peserta didik yang memakai sistem reguler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi yang digunakan berjumlah 280 peserta didik dan 282 peserta didik. Jumlah sampel yang digunakan 79 peserta didik dan 78 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling. Jumlah responden yang dijadikan uji coba instrumen dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi berupa jumlah rata-rata kelas full day school kelas VIII dengan kelas reguler kelas VIII. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik yang signifikan terhadap sistem full day school. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan rxy sebesar 2,43 atau hanya sebesar 24% sedangkan 76% ditentukan oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Dr. Dian Alfia Purwandari, S.E, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2019 10:49
Last Modified: 04 Oct 2019 10:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item