PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 17 JAKARTA

FAZRI HUSAINI, . (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
COVER DEPAN HALAMAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas XII SMK Negeri 17 Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhitung mulai dari bulan April 2019 sampai dengan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 17Jakartayangberjumlah521siswa.Populasiterjangkaunyaadalahsiswakelas XIISMK Negeri 17 Jakarta yang berjumlah 174 siswa. Sampel yang menurut tabel Isac & Michael digunakan dalam penelitian ini adalah 119 siswa. Teknikyang digunakan adalah teknik acak proporsional. Data perilaku menyontek (Y) merupakan data primer, begitu pula data efikasi diri (X1) dan konformitas teman sebaya (X2) merupakan data primer dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari variabel efikasi diri dan konformitas teman sebaya sebesar 0,908 >0,1 dan nilai VIF sebesar 1,101 < 10. Untuk hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Glejser, nilai signifikansi efikasi diri sebesar 0,75 > 0,05 dan konformitas teman sebaya0,77>0,05.Ujipersamaanregresiyangdiperoleh yaituŶ=50,060-0,529X1 + 0,366 X2. Untuk hasil uji F berdasarkan tabel ANOVA, diperoleh Fhitung sebesar 11,103 > Ftabel 3,07 yang artinya efikasi diri dan konformitas teman sebayasecara simultan berpengaruh terhadap perilaku menyontek. Sedangkan hasil ujitdiperolehthitungefikasi dirisebesar-0,3495>ttabel1,980,yangartinyaefikasi diri berpengaruh negatif terhadap perilaku menyontek. Sedangkan thitung konformitas teman sebaya sebesar 4,073 > ttabel 1,985, yang artinya konformitas teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku menyontek. Kemudianuntuk uji koefisien regeresidiperoleh 0,161, yang artinya terdapat pengaruh variabel bebas yaitu efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap variabel terikat yakni perilaku menyontek sebesar 16,1% dan sisanya sebesar 83,9% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti. This study aims to determine the influence of self-efficacy and peer conformity on the behavior twelefth grade students at SMK Negeri 17 Jakarta. This research was conducted starting from April 2019 to July 2019. The research method used was a survey method with a correlational approach. The population in this study were all students at Vocational High School 17 Jakarta, totaling 521 students. The reachable population is class twelfth grade students at SMK Negeri 17 Jakarta, amounting to 174 students. The sample used in this study according Isac and Michael table is 119 students. The technique used is a proportional random technique. Data cheating behavior (Y) is primary data, as well as self-efficacy data (X1) and peer conformity (X2) are primary data using a Likert scale. Based on test requirements analysis, data has been normally distributed and has a linear relationship. Based on the classic assumption test, in the multicollinearity test there is a Tolerance value of the variables of self-efficacy and peer conformity of 0.908> 0.1 and VIF values of 1.101 <10. For the results of heteroscedasticity test through Glejser test, the significance value of self efficacy is 0.75> 0.05 and peer conformity is 0.77> 0.05. The regression equation test obtained is Ŷ = 50,060-0,529 X1 + 0,366 X2. For the results of the F test based on the ANOVA table, obtained Fcount is 11.103> Ftable 3.07 which means that self-efficacy and peer conformity simultaneously influence cheating behavior. While the results of the t test obtained by the self-efficacy tcount of -0,3495> ttable 1.980, which means that self-efficacy has a negative effect on cheating behavior. While tcount peer conformity is 4.073> ttable 1.985, which means peer conformity has a positive effect on cheating behavior. Then for the test of the coefficient of regression obtained 0.161, which means that there are effects of independent variables namely self-efficacy and peer conformity on the dependent variable cheating behavior of 16.1% and the remaining 83.9% is influenced by factors or other variables not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Dedi Purwana E.S,M.,Bus ; 2). Munawaroh M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 25 Dec 2020 17:47
Last Modified: 01 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item