HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT ATAU WORD OF MOUTH COMMUNICATION (WOM) PADA SISWA ILP PANGLIMA POLIM JAKARTA

LARAS ANDYNI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT ATAU WORD OF MOUTH COMMUNICATION (WOM) PADA SISWA ILP PANGLIMA POLIM JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Laras Andyni.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara kualitas pelayanan (service quality) dengan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth communication) pada siswa ILP Panglima Polim Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di ILP Panglima Polim Jakarta, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2014 sampai dengan Juni 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ILP Panglima Polim Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah siswa ILP Panglima Polim Jakarta pada class program general english yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 78 orang berdasarkan tabel Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 40,50+0,38X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,0753, sedangkan Ltabel untuk n = 78 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1003. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 0,79 < Ftabel = 1,72, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 28,16 > Ftabel = 3,96, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,520. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 5,307 > ttabel = 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan komunikasi dari mulut ke mulut atau word of mouth communication. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 27,04% yang menunjukkan bahwa 27,04% variasi komunikasi dari mulut ke mulut atau word of mouth communication ditentukan oleh kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan komunikasi dari mulut kemulut atau word of mouth communication pada siswa ILP Panglima Polim Jakarta. ************* The purpose of this research is to obtain valid and reliability datas or facts about the possibility correlation service quality with word of mouth communication at the students ILP Panglima Polim Jakarta. The research used survey method with the correlational approach. The research was conducted at ILP Panglima Polim Jakarta for four months from March 2014 until June 2014. The population in this study are the students ILP Panglima Polim Jakarta, where as the possible populations were 100 students of class program general english. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 78 students. According to statistical computation, the regression equation is Ŷ = 40,50 + 0,38X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) to produce Lcount liliefors test = 0,0753, while the Ltable for n = 78 at 0,05 significant level is 0,1003. Because the Lcount < Ltable then an error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount < Ftable is Fcount = 0,79 < Ftable = 1,72, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is Fcount = 28,16 > Ftable = 3,96, meaning that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient of Pearson generating rxy = 0,520, it indicates there’s a positive correlation between service quality with word of mouth communicaion. There after performed the test significance correlation coefficient using the t-test and the resulting tcount > ttable, which is tcount = 5,307 > ttable = 1,67. The coefficient of determination obtained for 27,04% which shows that 27,04% of the variation of word of mouth communication is determined by the service quality. The result of this research has proved the existence of a positive correlation between service quality with word of mouth communication at the students ILP Panglima Polim Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si. ; 2). Dra. Rochyati Sukmadi M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Dec 2020 15:16
Last Modified: 29 Dec 2020 15:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item