PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PERBANKAN DI SMK NEGERI 9 KOTA BEKASI

LUSI DJARWANTI, . (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PERBANKAN DI SMK NEGERI 9 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER - (8105150246).pdf

Download (192kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (282kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Perbankan di SMK Negeri 9 Kota Bekasi, baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling sehingga di dapatkan sampel sebanyak 84 siswa. Data variabel prestasi belajar merupakan data sekunder yang diperoleh dari rata-rata nilai rapot siswa semester genap. Sedangkan variabel lingkungan belajar dan kesiapan belajar diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linierdengan persamaan regresi ganda Y = 66,142+0,260X1-0,123X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data lingkungan belajar diketahui bahwa thitung(5,453) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar. Pada variabel kesiapan belajar diketahui thitung (-2,411) < ttabel (1,989) sehingga Ho ditolak, maka dapat disimpulan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan prestasi belajar. Secara simultan juga diketahui terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan Fhitung (14,689) > Ftabel (3,11). Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,518 dengan demikian hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui determinasi (R2) yaitu dengan presentase sebesar 26,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Sri Zulaihati,M.Si ; 2). Santi Susanti,S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2020 14:57
Last Modified: 30 Dec 2020 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item