MELSY, . (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAS TULUS BHAKTI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK & ABSTRACK.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (169kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang pengaruh fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar Ekonomidi SMAS Tulus Bhakti. Penelitian ini dilakukan di SMAS Tulus Bhakti.Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2019 sampai dengan Juni 2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan metode survei, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa di SMAS Tulus Bhakti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengansimplerandom sampling sebanyak 121siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMAS Tulus Bhakti. Apabila fasilitas belajar memadai, maka akan meningkat hasil belajar siswa. Hipotetsis (H1) ini dibuktikan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 65,108 + 0,254X1. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi pengaruh fasilitas belajarterhadap hasil belajar nilai R2adalah sebesar 0,419. Hal ini menunjukkan variabel fasilitas belajar sebesar 41,9% dipengaruhi oleh variabel hasil belajar, sedangkan sisanya sebesar 58,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMAS Tulus Bhakti. Apabila disiplin belajar siswa tinggi, maka akan meningkat hasil belajar siswa. Hipotetsis (H2) ini dibuktikan dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 72,456 + 0,152X2. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar nilai R2adalah sebesar 0,222. Hal ini menunjukkan variabel disiplin belajar sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel hasil belajar, sedangkan sisanya sebesar 77,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMAS Tulus Bhakti. Apabila fasilitas belajar memadai dan disiplin belajar siswa tinggi, maka akan meningkat hasil belajar siswa. Hipotetsis (H3) ini dibuktikan dengan persamaan regresi linier berganda Ŷ = 62,734 + 0,214X1+ 0,081X2. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi pengaruh fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar nilai R2adalah sebesar 0,472. Hal ini menunjukkanvariabel fasilitas belajar dan disiplin belajar sebesar 47,2% dipengaruhi oleh variabel hasil belajar, sedangkan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Nurdin Hidayat,M.M,M.Si, ; 2). Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E, M.M, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 01 Jan 2021 11:44 |
Last Modified: | 01 Jan 2021 11:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12151 |
Actions (login required)
View Item |