NURUL MAWADDAH, . (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK BINA PUTRA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (746kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (870kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (871kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (826kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (871kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajardan perhatian orang tua terhadap prestasibelajar pada siswa kelas XIJurusan Administrasi Perkantoran di SMK Bina PutraJakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 (empat) bulan terhitung mulai bulan Oktober 2018 sampai Januari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode surveydengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 1, XIAP 2, dan XI AP 3 yang berjumlah 114siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (PrestasiBelajar) merupakan data sekunder, sedangkan data variabel X1(Minat Belajar) dan X2(Perhatian Orang Tua) merupakan data primer dengan menggunakan International Standardized Scalemodel skala Likert.Data dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,794 dan reliabilitas variabel X2 sebesar 0,905dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable.Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Berdasarkan uji persyaratan analisis, databerdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerancedari minat belajardan perhatian orang tua sebesar 0,903> 0,1dan nilai VIF sebesar 1,107< 10.Berdasarkan uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, menghasilkan nilai signifikansi X10,820 dan X20,966. Karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 66,183 + 0,140X1+ 0,039X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung36,281 > Ftabel3,11artinya minat belajardan perhatian orang tuasecara simultan berpengaruh positif terhadap prestasibelajar. Uji t mengasilkan thitungX16,923> ttabel1,989, karena thitung> ttabelmaka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar dan prestasibelajar. Selanjutnya,thitungX22,566> ttabel1,989, karena thitung> ttabelmaka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara perhatian orang tua dan prestasibelajar. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,473artinya pengaruh variabel independent(minat belajardan perhatian orang tua) terhadap variabel dependent(prestasi belajar) sebesar 47,3% dan sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M ; 2). Dewi Nurmalasari, S.Pd, M.M, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 03 Jan 2021 18:14 |
Last Modified: | 03 Jan 2021 18:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12186 |
Actions (login required)
View Item |