HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

NUR WAJRIYANI, . (2012) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NUR WAJRIYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah menengah Kejuruan (SMK) Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian dilakukan selama lima bulan terhitung sejak bulan Juli sampai November 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakrata sebanyak 315 orang, dan Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 70 orang dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel untuk penelitian diambil sebanyak 58 orang dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling). Untuk menjaring data kedua variabel penelitian, instrumen yang digunakan untuk variabel X (Interaksi Sosial) adalah data primer berbentuk kuosioner dan Variabel Y (Prestasi Belajar) adalah data sekunder. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen X (Interaksi Sosial) sebesar 0,919. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 43,29+ 0,388 X.. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,049 sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,116 Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 22,57 > Ftabel = 4,02 yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 0,52 < Ftabel = 1,89 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product momen menghasilkan rxy = 0,536 Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung = 4,75 > ttabel = 1,67. Hasil penelitian tersebut menyipulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar. Dengan uji determinasi atau penentu diperoleh hasil 28,72% variabel Prestasi Belajar (Y) ditentukan oleh Interaksi Sosial (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Henry Eryanto, MM 2.) Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 07 Nov 2019 14:37
Last Modified: 07 Nov 2019 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item