JENIFER CHRISTI, . (2019) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN (Studi Kasus Pada Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan tentang evaluasi program pembelajaran menggunakan model CIPP (Context, Input, Processdan Product)untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program studi Pendidikan S1 Tata Rias, di Universitas Negeri Jakarta untuk meningkatkan kualitas lulusannya.Variabel yang digunakan pada penelitian ini meliputi: Variabel X yaitu evaluasi program pembelajaran dengan menggunakan model CIPP, dengan indikator: Context(penerapan materi sesuai dengan kurikulum KKNI dan LPTK), Input(sumber daya manusia, kelengkapan/kelayakan sarana dan prasarana), Process(efektifitas penerapan media pembelajaran, efektifitas pelaksanaan metode pembelajaran), serta Product(alumni Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta). Sedangkan, yang menjadi variabel Y pada penelitian ini adalah meningkatkan kualitas lulusan, dengan indikator lulusan/alumni yang terampil dan dapat diserap di dunia kerja/industridengan baik. Instrumen penelitian ini berupa angket yang disebar melaluigoogle form. Responden pada penelitian ini sebesar 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagain besar lulusan memiliki gambaran diri yang cukup baik sehingga dapat diterima oleh dunia usaha atau industri. Hal ini dapat dilihat sebagian besar responden yaitu 19 responden (98,5%) menjawab penerapan materi pembelajaran sesuai dengankurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan), 17 responden (85,3%) menjawab sudah tersedianya tenaga pengajar/dosen, minat mahasiswa, kelengkapan atau kelayakan sarana dan prasarana dalam kategori baik, dan 18 responden (90%) menjelaskan penerapan media pembelajaran, dan pelaksanaan metode pembelajaran di program studi pendidikan tata rias sudah termasuk dalam kategori efektif dan 15 responden (76,5 %) menyatakan bahwa lulusan (alumni) program studi pendidikan tata rias sudah memenuhi kualifikasi capaian pembelajaran lulusan setelah melalui proses pelaksanaan pembelajaran di program studi S1 pendidikan tata rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta dan dapat cukup dapat memenuhi kebutuhan DU/DI.Keberhasilan yang tergambar dari hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa lulusan program studi pendidikan tata rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta memiliki daya saing, dalam bentuk: kompetensi di bidangnya (competence), mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan (adaptability),serta memiliki kemampuan mengakses pengembangan ilmu(accessibility) ̧dan memiliki karakter (personality)yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum, ; 2). Dra. Lilis Jubaedah,M.Kes |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 10:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 10:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12590 |
Actions (login required)
View Item |