PERANCANGAN USER INTERFACE PADA MODUL MAHASISWA SIAKAD UNJ DENGAN PENDEKATAN USER EXPERIENCE

NAORAH PUTRI ANGGELIA, . (2019) PERANCANGAN USER INTERFACE PADA MODUL MAHASISWA SIAKAD UNJ DENGAN PENDEKATAN USER EXPERIENCE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (168kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan.pdf

Download (236kB)
[img] Text
5. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (227kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
11. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
13. BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
14. BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
15. BAB V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)

Abstract

Dewasa ini, umumnya perguruan tinggi menerapkan sistem informasi dalam pengelolaan berbagai data, baik akademik maupun non-akademik. Unversitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menggunakan sistem informasi sebagai sarana pengelolaan data akademik dimana sistem informasi tersebut dinamakan SIAKAD UNJ. SIAKAD UNJ berkemungkinan besar mengalamiperubahan, namun karena proses perubahan fitur sebelumnya tidak terdokumentasi dengan baik maka menyebabkan pengembangan sistem menjadi lebih sulit. Adapun pengembangan SIAKAD UNJ dapat dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya merancang User Interface(UI). UI padaSIAKAD UNJ saat ini belum dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik penggunadalam menggunakan suatu sistem, maka dari itu dibutuhkan sebuah pendekatan pengembangan yang tepat. Salah satu pendekatan pengembangan yang dapat diterapkan adalah User Experience(UX). UX memiliki berbagai metode perancangan. Dalam penelitian ini, UI pada SIAKAD UNJdirancang dengan menggunakan metode The Wheel.Desain UI yang dihasilkan selanjutnya akan diuji dengan usability testingyang berkaitan dengan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengukuran nilai efektivitas dan efisiensi menggunakan hasil usability testing, sedangkan kepuasan menggunakan User Experience Qustionnaire. Hasil pengujian menunjukkan nilai efektivitas mencapai 100%, nilai efisiensi di bawah 0,10 goals/sec untuk 4 tugas dan di atas 0,10 goals/sec untuk 8 tugas, dan tingkat kepuasan menunjukkan hasil yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). M. Ficky Duskarnaen, M.Sc.
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2021 14:05
Last Modified: 09 Feb 2021 14:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item